Andung, Jati Nugroho (2022) Association Rule-Market Basket Analisis (AR-MBA) Untuk Menganalisis Keputusan Dalam Pembelian Sayur. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1 (10). pp. 2637-2647. ISSN 2808-1668
Text
Andung2 - AR-MBA Utk Menganalisis Kep Dlm Pembelian Sayur - JCI.pdf Download (644kB) |
Abstract
Produk Sayur termasuk kedalam salah satu jenis perishable product (produk atau bahan pangan dengan masa hidup yang terbatas dan mudah rusak). Masalah limbah sayur di Indonesia semakin meningkat tiap tahunnya, terbanyak berisi sayuran dan buah. Salah satu toko sayur tosaga di Yogyakarta kabupaten seleman memiliki masalah yang sama, oleh sebab itu toko harus mampu menentukkan bagaimana strategi yang harus diterapkan untuk mengurangi masalah limbah yang menumpuk. Salah satu caranya dengan memahami perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keputusan perilaku konsumen dalam membeli produk sayur dan non sayur yang dibeli pada waktu yang bersamaan tiap bulan berdasarkan Rules yang terbentuk dengan menggunakan metode MBA, menganalisis produk sayur dan non sayur yang sering muncul di transaksi tiap bulan, dan menganalisis strategi pemasaran yang dapat diterapkan pada toko sayur tersebut. Metode Market Basket Analysis (MBA) merupakan suatu metode analisa yang menganalisis perilaku konsumen secara spesifik dari suatu golongan/kelompok tertentu. penelitian ini diolah dengan Phython. Dari Hasil penelitian inindidapatkan rule yang sering dibeli bersamaan mengandung item wortel yang dapat dikatakan sebagai strong consequent
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Industri |
Depositing User: | ST., M.Sc. Andung Jati Nugroho |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 07:41 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 07:41 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/10061 |
Actions (login required)
View Item |