PENERAPAN KONSEP ARSITEKTUR EKOLOGIS PADA PERANCANGAN RESORT DI KABUPATEN KULON PROGO

Puspitasari, Cindy Diyah Ayu and Setyowati, Marcelina Dwi (2021) PENERAPAN KONSEP ARSITEKTUR EKOLOGIS PADA PERANCANGAN RESORT DI KABUPATEN KULON PROGO. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK-5170911161-CINDY DIYAH AYU PUSPITASARI.pdf

Download (63kB)

Abstract

Abstrak Kabupaten Kulon Progo memiliki banyak potensi alam disekitarnya. Sehingga memicu peningkatan bidang pariwisata, sehingga perlu ditunjang oleh akomodasi seperti hotel dan resort yang memadahi. Di Kawasan Bukit Menoreh, salah satunya di Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh. Lokasi tersebut terdapat banyak perkebunan cengkeh, namun limbah kayu cengkeh yang sudah tidak produktif hanya digunakan sebagai bahan bakar memasak. Perancangan resort dengan konsep arsitektur ekologis yang memanfaatkan material daur ulang, bertujuan untuk menciptakan solusi agar limbah batang pohon cengkeh dapat lebih bermanfaat untuk material bangunan dan menambah kesan alami. Metode perancangan yang digunakan pada perancangan resort di Kabupaten Kulon Progo ini adalah metode pengumpulan data primer, sekunder, dan analisis data. Metode ini juga digunakan sebagai landasan dalam menentukan konsep, fungsi, ataupun hal lain yang berhubungan dalam perancangan resort ini. Arsitektur ekologis sebenarnya lebih indah dan lebih tepat guna karena sangat memperhatikan pemilihan bahan bangunan yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan material alam yang ada di sekitar dan juga memanfaatkan energi alami. Arsitektur ekologis menghasilkan keselarasan antara manusia dengan alamnya. Dengan begitu tamu akan sangat nyaman saat menginap di resort ini. Kulon Progo Regency has many natural potentials, leading to improved tourism, so it should be supported by accommodations, such as hotels and resorts. Menoreh Hill, Pagerharjo Village, Samigaluh Sub-district has many clove plantations, but clove wood waste is only used for cooking fuel. Designing resort using ecological architecture took advantage of clove tree trunk waste for building material to make it look more natural. The design method to design resort in Kulon Progo Regency was primary and secondary data collection and data analysis. The method was used as a basis to determine the concept, function, etc. related to the resort design. Ecological architecture is more beautiful and appropriate because it selects environmentally friendly building material by using available natural materials and natural energy. Ecological architecture produces harmony between human and nature, making resort guests comfortable.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Resort, Batang Pohon Cengkeh, Kabupaten Kulon Progo. Resort, Clove Tree Trunk, Kulon Progo Regency.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 26 Aug 2022 07:56
Last Modified: 26 Aug 2022 07:56
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/10158

Actions (login required)

View Item View Item