Penerapan Konsep Flexibility Space Pada Perancangan Community Hub Di Kota Baubau

Nurulhijah, Nelfi Rifma and Wirasmoyo, Wiliarto (2021) Penerapan Konsep Flexibility Space Pada Perancangan Community Hub Di Kota Baubau. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK-5170911166-NELFI RIFMA NURULHIJAH.pdf

Download (190kB)

Abstract

Kota Baubau merupakan sebuah kota yang sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan di provinsi Sulawesi Tenggara. Terdapat beberapa komunitas yang cukup berkembang dan diminati oleh masyarakat yaitu komunitas kreatif, komunitas pendidikan dan sosial, komunitas pecinta alam, dan komunitas game. Namun, saat ini belum tersedia tempat untuk berkumpul dan mendukung untuk menyalurkan bakat-bakat yang dimiliki dengan fasilitas yang memadai. Perancangan desain Community Hub menggunakan beberapa metode perancangan diantaranya metode pengumpulan data dengan melakukan observasi dan dokumentasi menggunakan metode analisis data sebagai permasalahan yang timbul, serta wawancara, studi literature dan studi perbandingan. Community hub di kota Baubau ini menjadi community hub yang akan memfasilitasi segala aktivitas berbagai komunitas yang berkembang di kota Baubau. Untuk menghasilkan ruang yang efektif dan efisien maka fleksibilitas di community hub ini diterapkan pada ruang-ruang yang dapat digunakan secara bergantian ataupun bersamaan oleh seluruh komunitas yang ada, seperti ruang display karya, ruang diskusi, gallery exhibition, ruang multifungsi, ruang pertemuan, ruang pertunjukan, ruang seminar, maupun pada ruang workshop. Baubau is a growing and developing city in Southeast Sulawesi. There are several communities that are quite developed and in great demand, namely creative community, educational and social community, nature lovers community, and gaming community. However, currently, this city does not have a place to gather and accommodate their talents with adequate facilities. A community hub is designed in several stages, including data collection by conducting observation, documentation using data analysis for the arising problems, interview, literature study, and comparative study. The community hub in Baubau aims to facilitate all activities of various communities in Baubau. To create an effective and efficient space, flexibility in the community hub should be applied to spaces that can be used alternately or simultaneously by all of the communities, such as work display room, discussion room, gallery exhibition, multipurpose room, performance room, seminar room, and workshop room.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Komunitas Kota Baubau, Community Hub, Flexibility Space communities in Baubau, community hub, flexibility space
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 26 Aug 2022 07:59
Last Modified: 26 Aug 2022 07:59
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/10159

Actions (login required)

View Item View Item