PERANCANGAN PERPUSTAKAAN UMUM DAERAH BERBASIS KONSEP ARSITEKTUR BIOKLIMATIS

Wulandari, Sulistiyo and Tisnawati, Endah (2021) PERANCANGAN PERPUSTAKAAN UMUM DAERAH BERBASIS KONSEP ARSITEKTUR BIOKLIMATIS. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK-5170911212-SULISTIYO WULANDARI.pdf

Download (120kB)

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan Kota yang dijuluki sebagai kota pelajar, dengan banyaknya pelajar dari dalam kota maupun dari luar kota yang ada di Indonesia, selain itu banyaknya lulusan dari Yogyakarta memiliki kompetensi yang baik. Semakin bertambahnya pelajar yang ada di Yogyakarta akan tetapi tidak diiringi dengan adanya penambahan fasilitas dibidang pendidikan yang mendukung maka dari itu pemerintah di daerah Sleman berencana membangun perpustakaan umum yang berlokasi di Sleman untuk mengakomosadi pelajar dari daerah yang jauh dari pusat kota. Pemilihan lokasi perpustakaan umum di Kabupaten Sleman, agar masyarakat maupun pelajar Sleman bagian Selatan dan Barat tidak jauh-jauh datang ke pusat pemerintahan, dan rencana ini sebagai wujud misi dari pemerintah Sleman yang menjadikan Sleman menuju smart regency pada tahun 2021. Perpustakaan umum yang mengacu pada pendekatan arsitektur bioklimatik, dimana desain perpustakaan umum yang dapat mendekatkan antara manusia dengan alam, selain itu kondisi perpustakaan yang dekat dengan alam membuat suasana belajar yang damai dan menambah fokus belajar, dan juga dapat meningkatkan minat membaca guna meningkatkan prestasi menuju Sleman smart regency. The Special Region of Yogyakarta is called a student city due to the high number of students from the city and other cities in Indonesia. Moreover, many graduates from Yogyakarta are very competent. However, the increasing number of students in Yogyakarta isn’t followed by increasing number of supporting educational facilities. Therefore, Sleman government plans to build a public library in Sleman to accommodate students who live far from the city center. Sleman Regency is selected as the location for the public library so that the public and students in Southern and Western Sleman don’t have to travel to government center. This plan is a realization of the mission of Sleman government to make Sleman a smart regency in 2021. The public library is based on bioclimatic architecture, which brings people closer to nature. Moreover, located near nature creates peaceful learning atmosphere and enhances concentration, as well as increasing interest in reading to head toward Sleman as a smart regency.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan umum, Bioklimatis, Sleman, Smart Regency. Keywords: Public Library, Bioclimatic,Sleman, Smart Regency.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 26 Aug 2022 08:21
Last Modified: 26 Aug 2022 08:21
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/10166

Actions (login required)

View Item View Item