PENERAPAN ARSITEKTUR TEPIAN AIR PADA PERANCANGAN PUSAT PENGOLAHAN DAN PEMASARAN HASIL PERIKANAN DI KOTA TANJUNGPINANG

Rafidah, Rafidah and Sasmito, Dindi Eneng C. (2021) PENERAPAN ARSITEKTUR TEPIAN AIR PADA PERANCANGAN PUSAT PENGOLAHAN DAN PEMASARAN HASIL PERIKANAN DI KOTA TANJUNGPINANG. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK-5170911243-RAFIDAH.pdf

Download (45kB)

Abstract

Kota Tanjungpinang merupakan Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau yang sedang sedang dalam tahap pembangunan dan pengembangan. Pengembangan kota Tanjungpinang tidak lepas dari potensi yang ada di kota ini sendiri, termasuk salah satunya pengembangan di bidang perikanan. Pengembangan kota Tanjungpinang tercantum jelas di dalam RPJMD Kota Tanjungpinang tahun 2018-2023 yang menjadikan potensi perikanan di yang ada di Kota Tanjungpinag menjadi salah satu potensi yang patut di kembangkan. Kota Tanjungpinang sendiri merupakan Kota dengan luas wilayahnya yang terdiri dari 71% luas lautan. Hal ini menjadikan kawasan tepian air sebagai potensi dalam mengembangkan Perancangan Pusat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan dengan Pendekatan arsitektur Tepian air.Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kualitatif dengan cara pengumpulan data primer dan sekunder. Tujuan dari penulisan ini adalah memperoleh konsep Perancangan Pusat Pengolahan dan Pemasaran hasil perikanan yang memanfaatkan potensi kawasan tepian air sebagai dasar pertimbangan desain. Tanjungpinang is the capital city of the Riau Archipelago, which is currently in the construction and development stage. The development of Tanjungpinang cannot be separated from the potential of the city itself. One of the potentials of this city is the development in the field of fisheries. The development of Tanjungpinang city is clearly mentioned in the 2018-2023 RPJMD of Tanjungpinang, which puts the fishery as one of the potentials to develop. Tanjungpinang is a city of which 71% of its area consists of the ocean. This fact makes the waterfront area a potential in developing the Design of Fishery Product Processing and Marketing Center using waterfront architecture approach. The research uses a qualitative method by collecting primary and secondary data. This research aims to create a concept for Designing a Fishery Product Processing and Marketing Center by utilizing the potential of the waterfront area as a basis for designing consideration.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Arsitektur-Tepian-Air, Hasil-Perikanan, Kota Tanjungpinang, Pengolahan-dan-Pemasaran, waterfront architecture, fishery products, Tanjungpinang, processing and marketing
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 26 Aug 2022 08:58
Last Modified: 26 Aug 2022 08:58
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/10174

Actions (login required)

View Item View Item