PENERAPAN HUMAN-CENTERED DESIGN PADA RUMAH SAKIT ORTHOPEDI DAN TRAUMATOLOGI DI SAMARINDA

Anggraeni, Ega and Natalia, Dita Ayu Rani (2021) PENERAPAN HUMAN-CENTERED DESIGN PADA RUMAH SAKIT ORTHOPEDI DAN TRAUMATOLOGI DI SAMARINDA. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK-5190921020-EGA ANGGRAENI.pdf

Download (34kB)

Abstract

Tingginya angka kecelakaan di Kalimantan Timur sebesar 81,6% dan angka pasien fraktur di Kota Samarinda membuat pentingnya untuk memiliki fasilitas kesehatan yang memfokuskan pelayanannya pada penyakit tertentu. Rumah sakit orthopedi dan traumatologi adalah rumah sakit yang memberikan pelayanan khusus pada pasien yang membutuhkan penyembuhan tulang yang cedera, tidak lurus, atau salah bentuk, dan juga memberikan pelayanan yang khusus untuk penyembuhan cedera dan luka serius karena kecelakaan atau kekerasan terhadap seseorang. Rumah sakit orthopedi dan traumatologi akan dirancang dengan konsep human-centered design untuk memberikan rumah sakit yang nyaman baik secara pelayanan maupun visual. Human-centered design adalah desain yang memfokuskan kepada pengguna utama nya yaitu si pasien. Penerapan Human-centered Design pada rumah sakit orthopedi dan traumatologi akan terlihat pada ruang-ruang rumah sakit sebagai positive distractor, warna, pencahayaan, dan natural distraction. Metode perancangan yang digunakan adalah metode pengumpulan data dengan parameter design pedoman teknis rumah sakit, studi literature konsep human-centered design dan studi kasus bangunan serupa. Perancangan ini akan memenuhi kebutuhan fasilitas kesehatan di kota Samarinda berupa rumah sakit khusus orthopedi dan traumatologi yang berkonsep human-centered design yang menjadikan bangunan ini memusatkan desainnya pada penggunanya agar pengguna dapat tetap merasa nyaman saat beraktivitas di rumah sakit yang biasanya memberikan impresi seram dan menakutkan. The accident rate in East Kalimantan is 81.6% and the number of fracture patients in Samarinda is high, making it important to have a health facility focused on certain health issues. Orthopedic and traumatology hospital is a hospital which provides special treatments for patients of injured, bent, or malformed bone, and special treatments for injuries due to accident or violence. The orthopedic and traumatology hospital would be designed based on human-centered design to create a comfortable hospital in terms of treatment and aesthetics. Human- centered design is a design focused on the main user, i.e. patients. The implementation of human-centered design in the orthopedic and traumatology hospital would be found in the rooms as positive distractors, colors, lighting, and natural distraction. The design method was data collection method with hospital technical guideline as the design parameter, literature study on human-centered design and case study of similar buildings. The design would meet the demands for a health facility in Samarinda for orthopedics and traumatology based on human-centered design to focus on the users to make them comfortable in the hospital, which usually seems scary and intimidating.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Rumah sakit orthopedi dan traumatologi, human-centered design, fasilitas kesehatan, arsitektur, Samarinda. Orthopedic and traumatology hospital, human-centered design, health facility, architecture, Samarinda.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 27 Aug 2022 01:50
Last Modified: 27 Aug 2022 01:50
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/10185

Actions (login required)

View Item View Item