STRATEGI REDESAIN PASAR BESAR KOTA BATU SEBAGAI PENDUKUNG PARIWISATA DI KOTA BATU

Noviana, Mega and Marlina, Endy (2022) STRATEGI REDESAIN PASAR BESAR KOTA BATU SEBAGAI PENDUKUNG PARIWISATA DI KOTA BATU. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK-5160911055-MEGA NOVIANA.pdf

Download (424kB)

Abstract

Pemerintah Kota Batu berupaya meningkatkan pariwisata melalui pasar tradisional untuk meningkatkan wisatawan dan terwujudnya Kota Wisata Batu (KWB). Redesain Pasar Besar Kota Batu menjadi salah satu pendukung peningkatan pariwisata diimplementasikan dengan penggabungan fungsi pasar tradisional menjadi pasar wisata. Pengembangan pasar wisata juga dikembangkan sebagai media untuk menampilkan hasil-hasil UMKM dan khususnya hasil-hasil pertanian organik menjadi komoditas unggulan daerah Kota Batu untuk menarik minat wisatawan. Strategi redesain pasar muncul dari observasi permasalahan ruang dan potensi pergeseran fungsi pasar. Permasalahan pasar berkaitan erat dengan indera manusia dan aktivitas dalam ruang. Hubungan ini membangun keterkaitan dialektik antara ruang dan manusianya. Pergeseran image pasar berpotensi meningkatkan mutu pasar serta pariwisata Kota Batu. Hal ini diterapkan pada pengaturan ruang re-creative untuk memperbaiki mood pengguna. Selain itu, pengaturan zonasi dan sirkulasi pasar untuk merorganisir pasar sehingga seluruh pengguna dapat menikmati pasar secara keseluruhan. Permainan massa bangunan, lighting, serta penambahan fungsi Food & Beverage juga sebagai implementasi konsep Re-creative untuk menghilangkan kepenatan. Abstract: The Batu City Government seeks to increase tourism through traditional markets to increase tourists and realize Batu Tourism City (KWB). The redesign of the Batu City Market to become one of the supporters of increasing tourism is implemented by merging the functions of traditional markets into tourist markets. The tourism market development is also developed as a medium to display the results of MSMEs and especially organic agricultural products, which are the leading commodities of the Batu City area to attract tourists. The market redesign strategy emerged from observing spatial problems and potential shifts in market function. Market problems are closely related to the human senses and activities in space. This relationship builds a dialectical relationship between space and its people. The shift in the market image can improve market quality and tourism in Batu City. This is applied to the re-creative space setting to improve the user's mood. In addition, zoning and market circulation arrangements organize the market so that all users can enjoy the market as a whole. The building mass game, lighting, and the addition of the Food & Beverage function also implement the Re-creative concept to relieve fatigue.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Kota Wisata, Pendukung Pariwisata, Pasar, UMKM, Re-Creative,Tourism City, Tourism Support, Market, MSME, Re-Creative
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:27
Last Modified: 06 Oct 2022 07:27
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/10618

Actions (login required)

View Item View Item