PERANCANGAN RESORT DI PULAU KETAWAI KABUPATEN BANGKA TENGAH DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR BERKELANJUTAN

Herdiani, Astari and Pamungkas, Luhur Sapto (2022) PERANCANGAN RESORT DI PULAU KETAWAI KABUPATEN BANGKA TENGAH DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR BERKELANJUTAN. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK-5160911058-ASTARI HERDIANI.pdf

Download (93kB)

Abstract

Pulau Ketawai merupakan pulau yang berada di Kabupaten Bangka tengah merupakan objek wisata bahari yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah dan masyarakat sekitar, pulau yang memiliki potensi wisaya alam yang masih baik dan terjaga. Jumlah kunjungan ke pulau ketawai semakin meningkat dengan demikian perlunya menyediakan tempat akomondasi dengan fasilitas-fasilitas yang mendukung. Resort merupakan tempat akomondasi berupa penginapan pada kawasan yang memiliki potensi wisata alam, sebagai penunjang dalam kegiatan rekreasi yang menawarkan fasilitas-fasilitas yang diperlukan dalam meningkatkan kebutuhan pada kawasan wisata. Perencanaan resort di pulau ketawai dengan menyungguhkan wisata alam yang tidak dapat terlepas dari aspek kondisi lingkungan dengan demikian perlunya melakukan penekanan pendekatan yang baik diterapkan yakni perancangan dengan pendekatan arsitektur berkelanjutan yang dapat merespon lingkungan sekitar yang berusaha meminimalisir dampak negativ dari bangunan pada lingkungan mengunakan material lokal dan material yang ramah lingkungan serta memperhatikan pengunaan energi dan lainnya. Ketawai Island is located in Central Bangka Regency, a marine tourism object developed by the Government and the surrounding community, an island with good and well-maintained natural wizard potential. The number of visits to the island of laughter is increasing; thus, providing accommodation with supporting facilities is necessary. Resorts are accommodation places in the form of lodging in areas with natural tourism potential, as support for recreational activities that offer the facilities needed to increase the demand for tourist areas. Resort planning on the Ketawai island presents natural tourism that cannot be separated from environmental conditions. Thus it is necessary to emphasize a good approach, namely design with a sustainable architectural approach that can respond to the surrounding environment that tries to minimize the negative impact of buildings on the environment using local materials and environmentally friendly materials and pay attention to energy use and others. Keywords: Ketawai Island, Resort, Sustainable Architecture.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Pulau Ketawai, Resort, Arsitektur Berkelanjutan, Ketawai Island, Resort, Sustainable Architecture.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:32
Last Modified: 06 Oct 2022 07:32
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/10621

Actions (login required)

View Item View Item