PERANCANGAN PUSAT KULINER SEBAGAI KAWASAN WISATA KOTA PATI Dengan Pendekatan Smar

Ismail, Yusuf and Setyowati, Marcelina Dwi (2022) PERANCANGAN PUSAT KULINER SEBAGAI KAWASAN WISATA KOTA PATI Dengan Pendekatan Smar. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK-5160911251-YUSUF ISMAIL.pdf

Download (146kB)

Abstract

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di kota Pati, maka perlu adanya upaya pemerintah dalam membranding Kota Pati. Hal ini ditunjukan oleh rencana pengembangan Taman Kuliner Pati menjadi Pusat Kuliner Pati. Pengembangan ini dilakukan karena adanya permasalahan pada Taman Kuliner Pati saat ini. Seperti kurangnya daya tarik taman kuliner, zoning yang belum tertata, kurangnya livabilitas, penyalahgunaan bangunan bersejarah dan permasalahan sampah pada taman kuliner. Dalam rencana pengembangannya, Kabupaten Pati bergerak menuju Pati smart city yang didalamnya memuat konsep Smart environment. Smart environment berarti lingkungan yang bisa memberikan kenyamanan, keberlanjutan sumber daya, keindahan fisik maupun non fisik, visual maupun tidak, bagi masyarakat dan publik. Tujuan dari Perancangan Pusat Kuliner dengan pendekatan smart environment adalah menciptakan suatu kawasan yang mampu mewadahi kegiatan kuliner dan pariwisata di Kabupaten Pati serta memiliki dampak bagi lingkungan sekitar. Smart environment diimplementasikan berdasarkan konteks daerah Pati yang mengacu pada 3 aspek yakni smart building, reosurces management dan sustainable urban planning. Metode perancangan yang digunakan yakni dengan mengumpulkan data primer dan sekunder baik dari literatur maupun survei sehingga dapat menghasilkan konsep yang kontekstual terhadap site maupun Kabupaten Pati. Hasil dari rancangan Pusat Kuliner Pati berfokus pada pengelolaan site dalam menghadapi perubahan iklim serta mereduksi suhu yang ada disekitar site.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Kabupaten Pati, Pusat Kuliner, Smart Environment,Pati Regency, Culinary Center, Smart Environment
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 10 Oct 2022 01:16
Last Modified: 10 Oct 2022 01:16
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/10651

Actions (login required)

View Item View Item