PERANCANGAN SENTRA INDUSTRI BATIK TULIS LASEM DI KABUPATEN REMBANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR HYBRID

Saifuddin, Muhammad Afif and Mulyandari, Hestin (2022) PERANCANGAN SENTRA INDUSTRI BATIK TULIS LASEM DI KABUPATEN REMBANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR HYBRID. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK-5170911028-MUHAMMAD AFIF SAIFUDDIN.pdf

Download (99kB)

Abstract

Kabupaten Rembang merupakan kabupaten yang terletak di ujung timur Provinsi Jawa Tengah.Industri merupakan aspek penting untuk membantu perkembangan ekonomi daerah. Maka dari itu perkembangan dalam sektor industri batik harus dikembangkan seiring dengan perkembangan ekonomi di Kabupaten Rembang. Produk batik tulis lasem masih berupa UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) atau rumah industri, ini menjadi kendala pengusaha industri tidak dapat memaksimalkan pemasaran dan produksi karena terbatasnya ruang. Dengan perancangan sentra industri batik tulis lasem sebagai UMKM dan tempat edukasi kepada wisatawan akan membantu perkembangan ekonomi Kabupaten Rembang dalam sektor Industri. Perancangan Sentra Industri Batik Tulis Lasem untuk mewadahi kepada home industri dalam mengembangkan usaha, pemasaran, dan menyedikan sarana edukasi batik untuk kebutuhan wisatawan lokal maupun mancanegara. Sentra Industri Batik Tulis Lasem menggunakan metode penelitian eksploratif yang menggunakan pendekatan Arsitektur Hybrid dengan prinsip ekletik, modifikasi dan penggabungan. Terkait dengan perancangan yang mengangkat keberadaan batik tulis dengan nilai sejarah yang dimiliki lasem, sehingga dengan perancangan sentra industri batik tulis lasem dengan pendekatan arsitektur hybrid bisa mengangkat sejarah lasem dengan ciri khas arsitektur tionghoa dan arsitektur jawa. Kesimpulan dari perancangan ini yaitu merancang Sentra Industri Batik Tulis Lasem yang nantinya dapat meningkatkan fasilitas, kualitas dan mengangkat nilai

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Arsitektur Hybrid, Batik Tulis Lasem, Sentra Industri, Lasem.Hybrid Architecture, Batik Lasem, Industrial Center, Lasem.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 10 Oct 2022 02:08
Last Modified: 10 Oct 2022 02:08
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/10656

Actions (login required)

View Item View Item