OLAH DESAIN ARSITEKTUR PUSAKA NDALEM BRONTOKUSUMAN YOGYAKARTA Dengan Pendekatan Compatible Contrast

Aufelisa, Nabila and Tisnawati, Endah (2022) OLAH DESAIN ARSITEKTUR PUSAKA NDALEM BRONTOKUSUMAN YOGYAKARTA Dengan Pendekatan Compatible Contrast. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK-5170911054-NABILA AUFELISA.pdf

Download (37kB)

Abstract

nDalem brontokusuman merupakan sebuah Kawasan bangunan bersejarah dengan gaya arsitektur tradisional yang cukup unik , berada di kota Yogyakarta yang terkenal sebagai kota wisata dengan pengunjung wisatawan dari domestic maupun manca negara yang setiap tahunnya terus meningkat dan ndalem ini berada di daerah Brontokusuman, Brontokusuman sendiri diambil dari nama nDalem tersebut yang dulunya digunakan sebagai tempat tinggal putri Kraton Yogyakarta, yang sampai saat ini juga masih digunakan sebagai tempat tinggal anggota keluarga kerajaan namun hanya di beberapa bagian saja dan sisanya dibiarkan hingga terlihat terbengkalai, dan sangat disayangkan bangunan bersejarah dengan keunikan arsitektur yang dimiliki dibiarkan begitu saja hingga beberapa bagian bangunan juga ada yang hilang, dan menjadi tantangan untuk dilakukannya revitalisasi dengan tujuan untuk melestarikan, mempelajari dan juga mengembangkan bangunan tersebut, dengan menambahkan fungsi baru, lalu dengan mempertimbangkan regulasi yang ada di bangunan tersebut dari segi undang undang maupun aturan bangunan tradisional tersebut sampailah pada pendekatan compatible contrast yaitu dengan melakukan penyisipan bangunan baru pada bangunan lama tanpa merusak bangunan lama dengan memberikan kesan yang berbeda dari bangunan lama namun tetap ada kesan yang selaras dengan bangunan lama. Brontokusuman is a historic building area with a unique traditional architectural style, located in Yogyakarta, famous as a tourist city with tourist visitors from domestic and foreign countries, which continues to increase every year. This Ndalem is located in the Brontokusuman area; Brontokusuman itself is taken from the name nDalem, which was once used as the Princess residence of the Yogyakarta Palace, which is still used as a residence for royal family members but only in some parts and the rest is left to look abandoned. It is a pity that historical buildings with unique architecture are left alone. Until some parts of the building are also missing, it becomes a challenge for revitalization to be carried out to preserve, study, and develop the building by adding new functions and then taking into account the existing regulations. In the building, in terms of laws and regulations, the traditional building came to a consistent contrast approach, namely by inserting a new building into the old building without destroying the old building by giving a different impression from the old building but still have an impression that is in harmony with the old building.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Brontokusuman, Compatible, Contrast, Revitalization,Brontokusuman, Compatible, Contrast, Revitalisasi
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 10 Oct 2022 02:32
Last Modified: 10 Oct 2022 02:32
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/10662

Actions (login required)

View Item View Item