Udimera, Frando (2018) PERANCANGAN GALERI SENI BUDAYA KOTAGEDE Pendekatan Arsitektur Jawa. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.
|
Text
5125211076-FRANDO UDIMERA.pdf Download (24kB) | Preview |
Abstract
Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak potensi seni dan budaya, baik budaya yang berupa tangible (fisik) maupun intangible (non fisik). Salah satu faktor wisatawan tertarik mengunjungi Yogya adalah karena Yogya memilki nilai budaya yang sangat memilki ciri khas, dan tetap mempertahankan identitas dari budaya Yogya sendiri. Kotagede merupakan sebuah kecamatan di Provinsi DI. Yogyakarta yang merupakan sentra kerajinan perak yang pernah mengalami masa kejayaannya pada era 1970-1980, telah menjadi brand image tersendiri bagi para wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara, karena banyak perhiasan dan aksesoris perak yang menarik ditawarkan disana. Kerajinan perak Kotagede memiliki ciri khas tersendiri, yakni tetap dipertahankannya proses pembuatan barang kerajinan secara manual. Galeri Seni merupakan sarana penjualan hasil kerajinan masyarakat Kotagede, sebagai tempat pelatihan kepada kaum muda dan juga sebagai sarana pertunjukan kesenian khas Kotagede. Salah satu faktor wisatawan tertarik mengunjungi jogya adalah karena jogya memilki nilai budaya yang sangat memilki ciri khas, dan tetap mempertahankan identitas dari budaya Yogya sendiri. Merancang dengan tidak menghilangkan nilai-nilai dari budaya Kotagede. Pendekatan Arsitektur Jawa dipilih karena Kotagede merupakan kota budaya sehingga penyelarasan arsitektur harus dilakukan agar kontekstual dengan bangunan sekitar. Kata kunci : Galeri Seni, Arsitektur jawa
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur |
Depositing User: | Kaprodi S1 Arsitektur UTY |
Date Deposited: | 23 Mar 2018 03:56 |
Last Modified: | 23 Mar 2018 03:56 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/1087 |
Actions (login required)
View Item |