PERANCANGAN CREATIVE HUB BERBASIS SENI KONTEMPORER DENGAN PENEKANAN REKREATIF & EDUKATIF LOKASI BANTUL DIY

Kurniawan, Fajar and Yudhanta, Widi Cahya (2022) PERANCANGAN CREATIVE HUB BERBASIS SENI KONTEMPORER DENGAN PENEKANAN REKREATIF & EDUKATIF LOKASI BANTUL DIY. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK-5170911125-FAJAR KURNIAWAN.pdf

Download (30kB)

Abstract

Era revolusi industri 4.0 menjadikan ekonomi kreatif menjadi salah satu isu strategis yang layak mendapatkan perhatian dan sebagai pilihan strategi memenangkan persaingan global. Di Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri antusias pelaku industri, masyarakat dan wisatawan sebagai konsumen industri kreatif cukup besar. Fenomena tersebut dibuktikan dengan banyaknya jumlah pengunjung dan tenant pada beberapa event kreatif yang diselenggarakan di provinsi tersebut, Wadah industri kreatif yang ada masih tersebar dan belum terfokus pada satu titik, dan lebih fokus pada konteks ekonomi nya saja, sehingga keberadaan industri kreatif sebagai objek kontemporer menjadi kurang diperhatikan, padahal Yogyakarta memiliki potensi kreatif yang sangat tinggi dan bisa menjadi sarana yang rekreatif untuk masyarakatnya , Creative hub atau pusat kreatif sebagai sebuah pokok pangkal dalam hal-hal yang berdaya cipta tidak hanya mencakup segi fisik saja, melainkan juga dari segi jaringan komunitas kreatif yang terbentuk dari pelaku-pelaku kreatif dan aktivitas-aktivitas yang dilakukan. Creative hub membutuhkan aspek rekreatif dan edukatif agar tidak membosankan dan dapat menjadi trigger atau pemicu kreatifitas. Aspek edukatif dapat menjadikan Creative hub sebagai library of creativity dari banyak sektor industri di Yogyakarta sekaligus menjadi tempat pembelajaran banyak kalangan. The era of the industrial revolution 4.0 has made the creative economy one of the strategic issues that deserve attention and a strategic choice to win the global competition. In the Special Region of Yogyakarta itself, the enthusiasm of industry players, the public, and tourists as consumers of the creative industry is quite large. Many visitors and tenants evidence this phenomenon at several creative events held in the province. The existing creative industry forums are still scattered and not focused on one point, focusing more on the economic context so that the existence of the creative industry as a contemporary object becomes less attention. Even though Yogyakarta has a very high creative potential and can be a recreational facility for its people, the Creative hub or creative center as a starting point in creative matters covers the physical aspect and the creative community network. It was formed from creative actors and activities carried out. A creative hub requires recreational and educational aspects not to be boring and can trigger or trigger creativity. The educational aspect can make Creative Hub a library of creativity from many industrial sectors in Yogyakarta and a place for learning for many people.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Creative-hub, industri-kreatif,industri 4.0, Rekrearif dan edukatif, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keywords: Creative-hub, creative-industry, industry 4.0, Recreational and educational, Special Region of Yogyakarta.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 20 Oct 2022 03:55
Last Modified: 20 Oct 2022 03:55
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/10953

Actions (login required)

View Item View Item