PERANCANGAN PUSAT PRODUKSI PANGAN SEGAR DI KOTA SURABAYA DENGAN PENEKANAN DESAIN BANGUNAN PINTAR

Natama Nst, M. Ridwan Aziz and Yudhanta, Widi Cahya (2022) PERANCANGAN PUSAT PRODUKSI PANGAN SEGAR DI KOTA SURABAYA DENGAN PENEKANAN DESAIN BANGUNAN PINTAR. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK-5170911261-M. RIDWAN AZIZ NATAMA NST.pdf

Download (69kB)

Abstract

Kota Surabaya mengalami penyusutan lahan pertanian tiap tahunnya akibat alih fungsi lahan. Dengan pertumbuhan penduduk Kota Surabaya yang tinggi sebesar 0,47. Dan kepadatan penduduk 9.497 jiwa per Km2, yang mengakibatkan lahan untuk produksi pangan segar semakin menipis. Migrasi yang tinggi ke Kota Surabaya juga menunjukkan minat masyarakat dalam bidang agrikultur rendah. Dan migrasi ini juga turut menyumbangkat kepadatan dan pertumbuhan penduduk di Kota Suabaya. Sehingga kebutuhan untuk kebutuhan akan pangan segar akan meningkat. Sehingga, guna menyelesaikan permasalahan penyusutan lahan, kebutuhan pangan, dan berkurangnya minat masyarakat dalam agrikultur. Pusat Produksi Pangan Segar dengan konsep pertanian dan perikanan vertikal merupakan sebuah solusi yang dapat diimplementasikan di Kota Surabaya dengan lahan terbatas. Yang dapat menghasilkan pangan berkali-kali lipat dengan lingkungan yang terkendali. Namun fungsi ini memiliki isu berupa biaya tanah, konstruksi, perawatan dan energi yang tinggi. Dan juga jenis tanaman yang masih terbatas untuk dibudidayakan. Adapun penekanan yang sesuai untuk isu Pusat Produksi Pangan Segar adalah dengan penekanan Bangunan Pintar. Yang bertujuan untuk menciptakan bangunan yang efisien, efektif dan aman. Dengan menekan pengelola dari Pusat Produksi Pangan Segar. Dan fungsi penambahan fungsi laboratorium untuk meneliti dan meningkatkan jenis tanaman yang dapat dibudidayakan sebagai tanaman pangan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Bangunan Pintar, Pusat Produksi, Pangan Segar, Surabaya, Vertikal, Smart Building, Production Center, Fresh Food, Surabaya, Vertical
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 20 Oct 2022 07:35
Last Modified: 20 Oct 2022 07:35
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/10998

Actions (login required)

View Item View Item