PERANCANGAN RUMAH SINGGAH SEBAGAI TEMPAT BERNAUNG PENGEMUDI BECAK DI KOTA YOGYAKARTA Dengan Pendekatan Arsitektur Humanisme

Andrian, Mohamad Yosi Septa and Yudhanta, Widi Cahya (2022) PERANCANGAN RUMAH SINGGAH SEBAGAI TEMPAT BERNAUNG PENGEMUDI BECAK DI KOTA YOGYAKARTA Dengan Pendekatan Arsitektur Humanisme. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK-5190921003-MOHAMAD YOSI SEPTA ANDRIAN.pdf

Download (91kB)

Abstract

Yogyakarta sebagai kota wisata memiliki daya tarik yang sangat kuat bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Kota Jogja identik dengan Tugu Pal Putih, Malioboro, Kraton, Andong dan Becak. Belakangan ini beberapa ikon telah selesai di revitalisasi guna memperindah Kota Jogja, Namun yang masih luput dari perhatian adalah banyak becak yang terparkir di jalanan Kota Jogja saat malam hari, kondisi tersebut terjadi karena banyak pengemudi becak yang tidak memiliki tempat tinggal di Kota Jogja. Kasus pengemudi becak ini termasuk permasalahan sosial yang perlu menjadi perhatian. Sehingga perlu wadah sebagai tempat untuk bernaung bagi pengemudi becak. Wadah tersebut berupa rumah singgah yang dapat digunakan pengemudi becak untuk tinggal sementara selama menjalani profesinya, serta untuk menjamin keamanan dan keselamatan para pengemudi becak yang menjalani pekerjaannya di Kota Yogyakarta. Bentuk solusi yang dapat ditawarkan dari permasalahan sosial ini adalah perancangan rumah singgah yang didukung dengan penggunaan pendekatan arsitektur humanisme. Arsitektur Humanisme menyangkut persoalan sosial dan merupakan konsep yang menjadikan manusia sebagai aspek utama dalam desain arsitektur. Pendekatan tersebut mengaitkan teori Abraham Maslow tentang lima kebutuhan dasar manusia. Diharapkan perancangan rumah singgah dengan pendekatan Arsitektur Humanisme ini akan tepat guna menyelesaikan permasalahan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Humanism Architecture, Yogyakarta City, Pedicab Driver, Social Problems, Shelter House , Arsitektur Humanisme, Kota Yogyakarta, Pengemudi Becak, Permasalahan Sosial, Rumah Singgah.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 21 Oct 2022 03:02
Last Modified: 21 Oct 2022 03:02
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/11029

Actions (login required)

View Item View Item