PERANCANGAN GEDUNG SENI PERTUNJUKAN TARI DI KOTA SEMARANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TROPIS

Pambudi, Dedy Priyo and Setyowati, Endang (2022) PERANCANGAN GEDUNG SENI PERTUNJUKAN TARI DI KOTA SEMARANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TROPIS. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK-5190921004-DEDY PRIYO PAMBUDI.pdf

Download (68kB)

Abstract

Kota Semarang merupakan salah satu kota yang memiliki signifikansi historis dan kultural yang tinggi. Ada berbagai macam etnis mulai dari jawa, china, arab dan belanda. Hal ini lah yang menjadikan Kota Semarang dengan sebutan multikultural. Kesenian di Kota Semarang memiliki berbagai macam jenis kesenian. Beberapa tahun terakhir kesenian tari mengalami peningkatan yang paling tinggi tetapi berbanding terbalik dengan fasilitas Gedung Pertunjukan Tari yang ada di Kota Semarang yang rata-rata tidak layak digunakan dan cepat rusak, salah satu penyebabnya adalah pengaruh iklim di Kota Semarang. Iklim di Kota Semarang termasuk kedalam iklim tropis basah, dimana kelembapan udara relatif tinggi dengan curah hujan yang cukup tinggi. Dengan memperhatikan iklim perlu adanya pendekatan pada bangunan yang nantinya akan dirancang. Metode perancangan menggunakan metode rasional analitis, dan diselesaikan dengan sintesis yang dipadukan dengan Pendekatan Arsitektur Tropis. Pendekatan Arsitektur Tropis adalah suatu rancangan bangunan yang dirancang untuk memberikan jawaban/adaptasi bentuk bangunan terhadap pengaruh iklim tropis, dimana iklim tropis memiliki karakter tertentu yang disebabkan oleh panas matahari, , kelembapan yang cukup tinggi,curah hujan, pergerakan angin dan sebagainya. Dengan menerapkan pendekatan ini nantinya bangunan Gedung Seni Pertunjukan Tari di Kota Semarang akan lebih bisa bertahan dan tidak mudah rusak sehingga dapat meningkatkan kegiatan seni tari di Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Kota Semarang,Gedung Pertunjukan Tari,Arsitektur Tropis , Semarang City, Dance Performance Building, Tropical Architecture
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 21 Oct 2022 03:06
Last Modified: 21 Oct 2022 03:06
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/11030

Actions (login required)

View Item View Item