ANALISIS DAMPAK PARKIR TERHADAP KINERJA LALULINTAS (STUDI KASUS JALAN TALOK BUMIAYU) ANALYSIS OF THE IMPACT OF PARKING ON TRAFFIC PERFORMANCE (CASE STUDY IN TALOK BUMIAYU ROAD)

Nuriman, Moh. Cahya and Setiawan, Danny (2022) ANALISIS DAMPAK PARKIR TERHADAP KINERJA LALULINTAS (STUDI KASUS JALAN TALOK BUMIAYU) ANALYSIS OF THE IMPACT OF PARKING ON TRAFFIC PERFORMANCE (CASE STUDY IN TALOK BUMIAYU ROAD). Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.

[img] Text
5150811137_MOH. CAHYA NURIMAN_ABSTRAK - Ady Dimaz.pdf

Download (139kB)

Abstract

Lalulintas merupakan proses pergerakan orang atau kendaraan menuju suatu tempat dengan menggunakan kendaraan atau tanpa kendaraan. Sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan lalu lintas diperlukan berbagai fasilitas pendukung salah satunya adalah tempat parkir.Parkir adalah kondisi dimana kendaraan berhenti di suatu tempat dalam jangka waktu tertentu. Parkir dibadan jalan merupakan hal yang sering terjadi dan berdampak pada kondisi kelancaran arus lalu lintas yang menjadi terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak parkir dibadan jalan terhadap kinerja lalulintas dan mencari upaya pengendalian parkir pada badan jalan dilokasi penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pengamatan langsung dan pengambilan data dilapangan berupa data volume lalu lintas dan volume parkir, serta kinerja ruas jalan. Hasil analisis kinerja ruas jalan talok yang menjadi lokasi penelitian ini didapatkan bahwa volume lalu lintas yang ada di ruas jalan Jalok Bumiayu pada ruas I dan ruas II yaitu 1.233,45 smp/jam dengan indeks tingkat pelayanan terendah berada pada kategori B dan indeks pelayanan tertinggi berada pada kategori E. Disimpulkan bahwa dengan adanya parkir dibadan jalan akan mengurangi kinerja lalulintas dan menurunkan kapasitas ruas jalan.. Kata Kunci : Lalu lintas, Parkir badan jalan, Tingkat pelayanan jalan Traffic is moving people or vehicles to a place using a vehicle or without a vehicle. To meet traffic needs, various supporting facilities are needed: a parking lot. Parking is a condition where the vehicle stops in one place within a particular time. On-street parking is something that often happens and has an impact on the smooth condition of traffic flow which is hampered. This study investigates the impact of on-street parking on traffic performance and tries to control parking on the road body at the research location. The method used in this study is the method of direct observation and data collection in the field in the form of data on traffic volume, parking volume, and road performance. The results of the analysis of the performance of the Talok road section, which is the location of this study, it was found that the traffic volume on the Jalok Bumiayu road on sections I and II is 1,233.45 smp/hour with the lowest service level index being in category B and the highest service index being in category E. It is concluded that parking on the road will reduce traffic performance and road capacity. Keywords: Traffic, Road parking, Road service level

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY
Date Deposited: 21 Oct 2022 08:19
Last Modified: 21 Oct 2022 08:19
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/11052

Actions (login required)

View Item View Item