Factors Influencing Students’ Achievement in Speaking English through Online Learning at SMK N 1 Godean Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa dalam Berbicara Bahasa Inggris melalui Pembelajaran Online di SMK N 1 Godean

Imtihan, Maulina and Juhansar, Juhansar (2022) Factors Influencing Students’ Achievement in Speaking English through Online Learning at SMK N 1 Godean Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa dalam Berbicara Bahasa Inggris melalui Pembelajaran Online di SMK N 1 Godean. Skripsi thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
PBI_5181411021_MAULINA IMTIHAN.pdf

Download (94kB)

Abstract

Speaking is a communication way used by people to express their thoughts, emotions, and opinions. During the Covid-19 pandemic, most students have an online learning-teaching system in their learning-teaching activities. This study determines students' achievement in English speaking and the factors influencing their achievement through online learning-teaching process. This study relays on the quantitative descriptive approach. The researcher used English speaking test and questionnaire to obtain data. Respondents in this research were students of class X MPLB 2 SMK N 1 Godean in the academic year 2021/2022, which consisted of 28 respondents, all females. The test results show the pronunciation score is 98,9 points or very good, grammar is 96,7 points or very good, and the sequence is 93,9 points or very good. The average measure of a student's achievement in English speaking is 96,5 points or very good. Furthermore, the data show that performance conditions and affective factors have a high influence on students' achievement in speaking English through online learning-teaching. However, performance conditions have a higher influence than affective factors since the mean score of performance conditions is 4,38 with a percentage of 87,7% and the mean score of affective factors is 3,84 with a percentage of 76,7%. In addition, there are other factors besides these two factors that influence students' achievement in speaking English through online learning-teaching, namely linguistics factors, feedback, and interaction. Keywords: students’ achievement, English speaking, online learning-teaching, influential factors. Berbicara adalah cara komunikasi yang digunakan oleh orang-orang untuk mengungkapkan pikiran, emosi, dan pendapat mereka. Di masa pandemi Covid-19, sebagian besar siswa memiliki sistem belajar-mengajar secara online dalam kegiatan belajar mengajarnya. Penelitian ini menentukan prestasi siswa dalam berbicara bahasa Inggris dan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi mereka melalui proses belajar mengajar online. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Peneliti menggunakan tes berbicara bahasa Inggris dan kuesioner untuk memperoleh data. Responden dalam penelitian ini adalah 28 siswa perempuan kelas X MPLB 2 SMK N 1 Godean tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 28 responden perempuan. Hasil tes menunjukkan nilai pengucapan 98,9 poin atau sangat baik, tata bahasa 96,7 poin atau sangat baik, dan urutan 93,9 poin atau sangat baik. Rata-rata prestasi siswa dalam berbicara bahasa Inggris adalah 96,5 poin atau sangat baik. Selanjutnya, data menunjukkan bahwa kondisi kinerja dan faktor afektif memiliki pengaruh yang tinggi terhadap prestasi siswa dalam berbicara bahasa Inggris melalui belajar-mengajar online. Namun, kondisi kinerja memiliki pengaruh yang lebih tinggi daripada faktor afektif karena skor rata-rata kondisi kinerja adalah 4,38 dengan persentase 87,7% dan skor rata-rata faktor afektif adalah 3,84 dengan persentase 76,7%. Selain itu, ada faktor lain selain dua faktor tersebut yang mempengaruhi prestasi siswa dalam berbicara bahasa Inggris melalui belajar-mengajar online, yaitu faktor linguistik, umpan balik, dan interaksi. Kata Kunci: prestasi siswa, berbicara bahasa Inggris, belajar-mengajar online, faktor-faktor yang berpengaruh.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: students’ achievement, English speaking, online learning-teaching, influential factors prestasi siswa, berbicara bahasa Inggris, belajar-mengajar online, faktor-faktor yang berpengaruh
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Kaprodi S1 Pend. Bahasa Inggris UTY
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:42
Last Modified: 31 Oct 2022 03:42
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/11151

Actions (login required)

View Item View Item