Berutu, Nursah Nola and Budiarti, Budiarti (2022) The Analysis of Students’ Errors in Using Simple Past Tense to Write Recount Text at Universitas Teknologi Yogyakarta Analisis Kesalahan Simple Past Tense Mahasiswa dalam Menulis Teks Recount di Universitas Teknologi Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.
Text
PBI_5181411024_NURSAH NOLA BERUTU.pdf Download (144kB) |
Abstract
The purpose of this study is to analyze of student’s types of errors in using simple past tense and to know the percentage errors in writing recount text using simple past tense. The research design of this research is mix method research. The research respondents are third-semester students, 26 females and 6 males of English Language Department of the Universitas TeknologiYogyakarta. Research data were documents, students’ recount text writing related genre-based writing, taken from the subject’s lecturer. Data were analyzed qualitatively and quantitatively. The result of this research show that students made four types of errors: omission, addition, miss formation and miss ordering, in writing recount text using simple past tense. This research reveals 283 students’ error in writing recount text using simple past tense. Miss formation is the highest error with 252 errors (89%), followed by omission 24 errors (8%), addition 8 errors 2,9%, and miss ordering 3 errors (0,1%). Keywords: Error Analysis, Types of Errors, Simple Past Tense, Recount Text Penelitian ini memliki tujuan untuk mnemukan jenis-jenis kesalahan siswa dalam menulis teks recount menggunakan simple past tense dan untuk menemukan persentase kesalahan siswa dalam menggunakan simple past tense . Desain penelitian ini mixed- method. Respondennya adalah semester tiga, 26 perempuan dan 6 laki-laki, Program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Teknologj Yogyakarta. Data penelitian berupa dokumen, yaitu tulisan teks recount mahasiswa terkait mata kuliah genre based writing, yang diperoleh dari dosen mata kuliah tersebut. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa membuat empat jenis kesalahan: penghilangan, penambahan, salah formasi, dan salah susunan, dalam menulis teks recount menggunakan simple past tense. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 283 kesalahan yang dilakukan siswa dalam menulis teks recount menggunakan simple past tense. Kesalahan formasi merupakan kesalahan yang paling tinggi dengan 252 kesalahan (89%), diikuti oleh penghilangan sebanyak 24 kesalahan (8%),penambahan sebanyak 8 kesalahan (2,9%), dan kesalahan susunan dengan 3 kesalahan (0,1%). Kata-kata kunci: Analisis Kesalahan, Jenis Kesalahan, Simple Past Tense, Teks Recount;
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Error Analysis, Types of Errors, Simple Past Tense, Recount Text Analisis Kesalahan, Jenis Kesalahan, Simple Past Tense, Teks Recount |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Kaprodi S1 Pend. Bahasa Inggris UTY |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 03:46 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 03:46 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/11152 |
Actions (login required)
View Item |