PENGEMBANGAN IDENTIFIKASI MULTIPLE INTELLIGENCE ( HOWARD GARDNER) BERBASIS APLIKASI ANDROID DALAM PENENTUAN PUTUSAN KARIR MAHASISWA DI YOGYAKARTA.

Ari, Prasetyoaji and Widi, Fajar Widyatmoko PENGEMBANGAN IDENTIFIKASI MULTIPLE INTELLIGENCE ( HOWARD GARDNER) BERBASIS APLIKASI ANDROID DALAM PENENTUAN PUTUSAN KARIR MAHASISWA DI YOGYAKARTA. Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin, https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/view/5895/3320.

[img] Image
JURNAL - PENGEMBANGAN - PEER REVIEW 1.jpg

Download (1MB)
[img] Image
JURNAL - PENGEMBANGAN - PEER REVIEW 2.jpg

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/inde...

Abstract

Gardner menyatakan bahwa seorang anak manusia lahir ke dunia memiliki lebih dari satu potensi kecerdasan yang mungkin bisa berkembang, walaupun perkembangan tersebut berbeda dari satu orang dengan orang lain. Teknologi di era seperti ini menjadi sesuatu yang penting dalam menunjang aktivitas peningkatan kemampuan diri, sering berjalannya waktu pembelajaran online dan aplikasi yang bersifat mobile menjadi lebih pratkis digunakan untuk membantu pengoptimalan diri individu. Tujuan dari pengembangan aplikasi ini adalah untuk memudahkan mahasiswa di Yogyakarta dalam membuat putusan karir sehingga sesuai dengan kemampuan, kecerdasan yang ada pada dalam dirinya sendiri. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan metode penelitian R&D Borg & Gall. Penelitian ini telah mengembangkan sebuah produk aplikasi untuk membantu mahasiswa dalam menentukan putusan karirnya melalui deteksi multiple intelligence yang dicetuskan oleh Howard Gardner, aplikasi ini terdiri atas 3 menu yaitu 1) multiple intelegence by howard gardner, 2) intelligence test ( howard gardner), dan 3) education about multiple intelgence. Kata Kunci: Multiple intelligence, Howard Gardner, Putusan Karir, Aplikasi Android

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Mr. Ari Prasetyoaji S.Pd., M.Pd.
Date Deposited: 05 Dec 2022 10:47
Last Modified: 05 Dec 2022 10:47
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/11408

Actions (login required)

View Item View Item