Peer Review Jurnal Desain Struktur Jembatan Kereta Api Tipe Concrete Through Arch: Studi Kasus Jembatan Kereta Api BH 1828 Purworejo

Masagala, Algazt Aryad (2022) Peer Review Jurnal Desain Struktur Jembatan Kereta Api Tipe Concrete Through Arch: Studi Kasus Jembatan Kereta Api BH 1828 Purworejo. Desain Struktur Jembatan Kereta Api Tipe Concrete Through Arch: Studi Kasus Jembatan Kereta Api BH 1828 Purworejo, 25 (1). pp. 71-79. ISSN 2502-5481

[img] Text
Peer Review_Jurnal 1 Desain Struktur Jembatan Kereta Api Tipe Concrete Through Arch.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://journal.umy.ac.id/index.php/st/article/vie...

Abstract

embatan rel kereta api BH 1828 berlokasi di Butuh, Kutoarjo, Purworejo. Desain struktur jembatan tipe through arch memiliki lebar 4,9 m, panjang bentang total 46 m, dan tinggi 7,5 m. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh dimensi dan kebutuhan penulangan, serta besar nilai lendutan dengan mengacu pada PM No. 60 Tahun 2012 tentang Persyaratan Teknis Rel Kereta Api, SNI 2833:2016 tentang Perencanaan Jembatan Terhadap Beban Gempa, dan RSNI T-12-2004 sebagai Perencanaan Struktur Beton untuk Jembatan. Desain dilakukan secara bertahap yang dimulai dari penentuan jenis struktur yang dipergunakan, dimensi struktur, pemodelan komputer, pembebanan, perancangan tulangan dan kontrol lendutan. Berdasarkan perhitungan diperoleh dimensi; girder eksterior, interior, diafragma, dan arch memiliki dimensi 450 x 650 mm; dimensi hanger dan bracing 450 x 450 mm. Untuk nilai lendutan maksimal tengah bentang sebesar 0,054 m lebih kecil dari lendutan izin L/800 = 0,058 m. Keywords Jembatan Rel Kereta Api; Through Arch; Beton Bertulang

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil
Depositing User: S.T. M.Eng Algazt Aryad Masagala
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:48
Last Modified: 06 Dec 2022 01:48
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/11428

Actions (login required)

View Item View Item