Media Edukasi Melalui Animasi Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skill Dalam Melawan Informasi Hoaks

Amalia, Ulfa and Fitria, Erlin and Handayani, Irma (2020) Media Edukasi Melalui Animasi Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skill Dalam Melawan Informasi Hoaks. Universitas Negeri Malang, http://conference.um.ac.id/index.php/bk/article/view/72/73.

[img] Text
PEER REVIEW - Prosiding UNM-Pak Suhirman Pak Sutarman.pdf

Download (481kB)
[img] Text
Irma Handayani - UNM Plagiasi Cek.pdf

Download (140kB)
Official URL: http://conference.um.ac.id/index.php/bk/index

Abstract

Fenomena perkembangan informasi hoaks saat ini sangat meresahkan dan masih sering terjadi di masyarakat. Dampaknya muncul keresahan,kekhawatiran yang menyebabkan kebencian danpotensi konflik ditengah masyarakat yang dituangkan dalam bentuk adu argumen di media sosial. Kesalahan persepsi yang muncul karena adanya pemahaman yang didasarkan pada informasi hoaks menjadi tanggungjawab semua pihak untuk mengembangkan media edukasi yang berfungsi sebagai sarana untuk membanguncritical thinking skill. Ketrampilan ini dibangun sebagai langkah positif untuk menumbuhkan daya kritis dalam menerima berbagai informasi. Artikel ini mengulas tentang pentingnya pencegahan penyebaran informasi hoaks melalui pembelajaran yang diciptakan dengan media animasi yang menyajikan audio visual yang menarik dan efektif. Animasi dikembangkan melalui software macromedia flashyang merupakan multimedia interaktif untuk memudahkan dan meningkatkan pemahaman individu dalam menerima pesan atau makna yang terkandung didalam mediatersebut. Ketrampilan berpikir kritis pengguna media terhadap informasi yang tersaji di media sosial menjadi cara yang tepat untuk memiliki kemampuan cerdas dalam menyaring informasi yang layak dan tepat sehingga dapat menumbuhkan kesejahteraan dan ketentraman di masyarakat.Edukasi yang dilakukan secara masif diharapkan dapat membangun sikap kritis dan memberikan arahan pada masyarakat sebagai pengguna media sosial untuk bersikap bijaksana.Kata kunci: critical thinking skill; hoaks; media edukasi

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Sains Dan Teknologi > S1 Informatika
Depositing User: Mrs Irma Handayani
Date Deposited: 27 Sep 2023 06:51
Last Modified: 27 Sep 2023 06:51
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/11540

Actions (login required)

View Item View Item