Penguatan Peran Orangtua dalam Mendampingi Siswa SLB Belajar Daring

Fitria, Erlin and Amalia, Ulfa and Handayani, Irma (2021) Penguatan Peran Orangtua dalam Mendampingi Siswa SLB Belajar Daring. Universitas Ma Chung, https://ocs.machung.ac.id/index.php/senam/article/view/104/105.

[img] Text
PEER REVIEW - Prosiding UNM-Pak Suhirman Pak Sutarman.pdf

Download (481kB)
[img] Text
Irma Handayani - Machung Plagiasi Cek.pdf

Download (107kB)
Official URL: https://jurnal.machung.ac.id/

Abstract

Pandemi covid 19 yang masih berlangsung hingga saat ini merubah tatanan masyarakat, diantaranya adalah aspek pendidikan. Pembelajaran tatap muka beralih menjadi pembelajaran daring. Pelaksanaan pembelajaran daring memerlukan peran yang besar dari orangtua. Peran orangtua diantaranya adalah menjaga, mendampingi, membimbing, memotivasi dan memberikan edukasi. Orangtua dituntut untuk selalu siap mendampingi putra/putri dalam belajar daring. Khusus bagi siswa dengan kebutuhan khusus sangat bergantung dengan keterlibatan orangtua dalam setiap aktivitas. Implementasi peran orangtua di lapangan tentunya mengalami beberapa hambatan, diantaranya kesulitan orangtua dalam mengatur waktu antara bekerja dan mendampingi putra/putri dalam belajar daring, sehingga berdampak pada kurang optimalnya pencapaian belajar pada diri siswa. Selain itu kesulitan orangtua dalam mengajak putra/putri untuk belajar juga menjadi permasalahan yang mempengaruhi motivasi belajar siswa berkebutuhan khusus. Berangkat dari permasalahan yang dialami mitra maka penulis memberikan solusi dengan cara memberikan penguatan psikologis pada orangtua siswa berkebutuhan khusus agar mendapatkan arahan dan motivasi dalam mendampingi siswa dalam pembelajaran daring. Kegiatan ini dilakukan melalui workshop dan tanya jawab. Kegiatan ini dilakukan di SLB Tunas Sejahtera yang beralamat di Seyegan Daerah Istimewa Yogyakarta. Peserta workshop sebanyak 20 orang tua siswa berkebutuhan khusus. Pembatasan jumlah peserta dilakukan karena menyesuaikan kondisi pandemi saat ini. Hasil dari workshop yaitu meningkatnya pemahaman orangtua tentang pengasuhan pada anak, selain itu menguatnya komitmen orangtua untuk bersama-sama dengan pihak sekolah dalam membimbing anak untuk mencapai kemandirian. Orangtua juga semakin memahami pentingnya membangun keluarga yang resiliens agar selalu dapat bertahan dan menemukan solusi dalam menghadapi tekanan dalam mengasuh anak berkebutuhan khusus. Kata kunci: penguatan peran orangtua, belajar daring, siswa berkebutuhan khusus

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Sains Dan Teknologi > S1 Informatika
Depositing User: Mrs Irma Handayani
Date Deposited: 27 Sep 2023 06:51
Last Modified: 27 Sep 2023 06:51
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/11545

Actions (login required)

View Item View Item