Penilaian Sejawat: Karya Ilmiah PERAN KONTEKSTUALITAS KAWASAN DALAM DESAIN TOURISM INFORMATION CENTER BOROBUDUR MAGELANG

Pamungkas, Luhur Sapto (3020) Penilaian Sejawat: Karya Ilmiah PERAN KONTEKSTUALITAS KAWASAN DALAM DESAIN TOURISM INFORMATION CENTER BOROBUDUR MAGELANG. Studio Perancangan Arsitektur dan Kota Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jurnal Arsitektur Zonasi Vol 3, No 1 (2020).

[img] Text
Jurnal 05- PS JAZ UPI Februari 2020.pdf

Download (622kB)
Official URL: https://ejournal.upi.edu/index.php/jaz/article/vie...

Abstract

Magelang merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah. Magelang mempunyai banyak tempat wisata, baik wisata alam, budaya, serta candi. Sehingga banyak wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung ke Magelang. Diagram wisatawan yang datang ke Magelang dari tahun 2013 sampai 2017 mengalami peningkatan yang signifikan. Salah satu tujuan favorit wisatawan yaitu Candi Borobudur. Pada tahun 2017.Dengan demikian wisatawan yang berkunjung memerlukan tempat informasi untuk mempermudah informasi wisatawan, memberi wawasan baru dan luas terhadap wisatawan, memberikan informasi up date kepada wisatawan. Tourism Information Center. Tourism Information Center sendiri sudah tersedia di Borobudur Magelang, dan mempunyai beberapa ruang untuk menunjang kegiatan. Namun dari beberapa fungsi ruang mempunyai permasalahan yang dianggap kurang layak, sehingga pengunjung enggan untuk datang ke sini. Pendekatan arsitektur kontekstual digunakan karena area site berada di dekat kawasan wisata Candi Borobudur, sehingga pendekatan arsitektur kontekstual sangat layak digunakan. Konsep gubahan masa yang menceritakan gubahan stupa induk borobudur diterapkan, material yang identik dengan Candi Borobudur juga digunakan pula. Pengambilan konsep lanskap dari sejarah Candi Borobudur yang dulunya danau diterapkan menjadi beberapa kolam. Sehingga Tourism Information Center ini mempunyai identitas pada kawasan sebagai sarana informasi turis.

Item Type: Other
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Mr. Luhur Sapto Pamungkas ST., MT.
Date Deposited: 07 Dec 2022 12:12
Last Modified: 07 Dec 2022 12:12
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/11632

Actions (login required)

View Item View Item