PEER REVIEW SURAT PENCATATAN CIPTAAN "POSTER: AUDIT FORENSIK PADA PEMERINTAHAN UNTUK DETEKSI FRAUD MELALUI PENDEKATAN BIG DATA"

Briyan Efflin Syahputra dan Akhmad Afnan (2020) PEER REVIEW SURAT PENCATATAN CIPTAAN "POSTER: AUDIT FORENSIK PADA PEMERINTAHAN UNTUK DETEKSI FRAUD MELALUI PENDEKATAN BIG DATA". 000227979.

[img] Text
08 Peer review .pdf

Download (457kB)
Official URL: https://pdki-indonesia.dgip.go.id/detail/EC0020205...

Abstract

Tingginya kasus fraud yang terjadi di Indonesia, khususnya pada lembaga sektor publik, tentunya berdampak pada besarnya kerugian yang diderita oleh negara. Hal inilah yang kemudian mendorong banyak pihak yang selalu berusaha mencari metode yang memang sangat efektif untuk mendeteksi/mengungkapkan berbagai jenis tindakan fraud. Maka dari itu, penelitian mengenai pendeteksian fraud perlu dilakukan. Harapannya hasil dari penelitian ini nantinya dapat mengedukasi dan memberikan sumber literasi/pedoman mengenai metode efektif untuk mendeteksi fraud, yang kemudian diharapkan dapat meminimalisir kasus fraud kedepannya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh big data terhadap audit forensik. Selain itu, untuk menganalisis pengaruh big data dan audit forensik terhadap pendeteksian fraud. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner (pendekatan kuantitatif dengan metode survei) kepada 221 auditor yang bekerja sebagai auditor di BPK dan BPKP Republik Indonesia. Pengujian statistik berupa simultaneous equation model (SEM) dengan bantuan aplikasi SmartPLS. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa big data berpengaruh positif terhadap audit forensik. Selain itu, big data dan audit forensik masing-masing juga terbukti berpengaruh positif terhadap pendeteksian fraud.

Item Type: Patent
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 Akuntansi
Depositing User: Briyan Efflin Syahputra
Date Deposited: 07 Dec 2022 20:32
Last Modified: 07 Dec 2022 20:32
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/11721

Actions (login required)

View Item View Item