Penilaian Sejawat: Hak Cipta Karya IMPLEMENTASI KARAKTER LOKAL PADA DESAIN LAMPU PENERANGAN JALAN SEBAGAI PEMBENTUK IDENTITAS KAMPUNG LEMBAH CODE KELURAHAN PRAWIRODIRJAN, KOTA YOGYAKARTA

Tisnawati, Endah (2022) Penilaian Sejawat: Hak Cipta Karya IMPLEMENTASI KARAKTER LOKAL PADA DESAIN LAMPU PENERANGAN JALAN SEBAGAI PEMBENTUK IDENTITAS KAMPUNG LEMBAH CODE KELURAHAN PRAWIRODIRJAN, KOTA YOGYAKARTA. Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
HAKI Lampu -Tisna HAKI Peer Review Lampu Prawirodirjan.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://eprints.uty.ac.id/11531/

Abstract

. Identitas kota terbentuk dari pemahaman dan pemaknaan “image” tentang sesuatu yang ada atau pernah ada/melekat pada kota atau pengenalan obyek‐obyek fisik (bangunan dan elemen fisik lain) maupun obyek non fisik (aktifitas sosial) yang yang terbentuk dari waktu ke waktu. Aspek historis dan pengenalan “image” yang diitangkap oleh warga kota menjadi penting dalam pemaknaan identitas kota atau citra kawasan (Wikantiyoso, 2006). Desain lampu penerangan jalan di Kelurahan Prawirodirjan berangkat dari karakter lokal kawasan lembah Kali Code, yaitu berupa siluet pola aliran Kali Code di wilayah, warna hitam sebagai identitas ketegasan, warna kuning melambangkan makna kebenaran, serta adanya aksara Jawa bermakna Prawirodirjan. Langgam mataraman atau indish terlihat dari bentuk lampu yang kotak sederhana dari bawah ke atas, dengan kotak lampu berbentuk persegi. Desain langgam indish juga tercermin pada garis-garis lurus pada sekitar logo di bagian kaki lampu. Desain lampu juga terdiri dari elemen “kepala – badan – kaki”, sesuai dengan konsep mataram dan jawa.

Item Type: Other
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: ST.MT Endah Tisnawati
Date Deposited: 08 Dec 2022 23:04
Last Modified: 08 Dec 2022 23:04
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/11798

Actions (login required)

View Item View Item