The Analysis of Students’ Grammatical Errors in Writing Narrative Text Using Past Tense at SMK Negeri 1 Pleret Analisis Kesalahan Tata Bahasa Siswa dalam Menulis Teks Naratif Menggunakan Past Tense di SMK Negeri 1 Pleret

Laitupa, Aisa and Mukaromah, Dyah (2022) The Analysis of Students’ Grammatical Errors in Writing Narrative Text Using Past Tense at SMK Negeri 1 Pleret Analisis Kesalahan Tata Bahasa Siswa dalam Menulis Teks Naratif Menggunakan Past Tense di SMK Negeri 1 Pleret. Skripsi thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
PBI_5181411005_AISA LAITUPA.pdf

Download (147kB)

Abstract

In English, writing is a difficult skill.0For international students, it makes them struggle in writing for the first time, and they tend to commit errors in writing, especially when using grammatical and focusing on the past tense. An0 analysis0 of0 grammatical errors are necessary to be conducted. This research aims to identify students’0grammatical errors0in writing narrative0 text and0 analyze the0 causes of errors. A descriptive qualitative design was applied in.0this0 0research. The participants in0 this0 0research were 17 XI grade TKJ B students at SMK Negeri 1 Pleret. The data were collected from students’ narrative writing documents and interviews. In analyzing the data, this research applied the theory from Dulay (1981) in identifying the types of errors, and for analyzing the causes of errors, this research used Richard’s (1974) theory. The result of the data analysis showed that there are four types of grammatical errors. They are misformation, omission, addition, and misordering. Moreover, the causes of errors were intralingual errors consisting of three reasons: first is an overgeneralization. The second is ignorance of the rule restriction, and the last is the incomplete application of rules. Therefore, this study suggests that English teachers should explain past tense more. Students must learn more about the aspects that are difficult for them, especially in using past forms of irregular and regular verbs. School is recommended to provide adequate facilities to support the learning-teaching activity between teacher and students, such as making an English club. The researcher also suggests that the subsequent researchers analyze the tenses and other grammatical aspects such as the conjunction error, punctuation or even the generic structures and language features of narrative text. Keywords: analysis, grammatical error, past tense, narrative text Menulis adalah keterampilan yang paling menantang dalam bahasa Inggris. Bagi siswa asing, hal itu membuat mereka kesulitan menulis untuk pertama kalinya dan cenderung melakukan kesalahan penulisan terutama saat menggunakan bentuk lampau yang berfokus pada tata bahasa. Analisis kesalahan tata bahasa perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan tata bahasa siswa dalam menulis teks naratif dan menganalisis penyebab kesalahan tersebut. Desain deskriptif kualitatif diterapkan dalam penelitian ini. Partisipan dalam penelitian ini adalah 17 siswa kelas XI TKJ B SMK Negeri 1 Pleret. Data dikumpulkan dari dokumen siswa yaitu tulisan naratif, dan wawancara. Dalam menganalisis data, penelitian ini menerapkan teori dari Dulay (1981) dalam mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan, dan untuk menganalisis penyebab kesalahan, penelitian ini menggunakan teori Richard0 0(1974). Hasil0 analisis data0 menunjukkan bahwa empat jenis-jenis kesalahan tata0 bahasa, yaitu formasi, penghilangan, penambahan, dan kesalahan susunan. Selain itu, penyebab kesalahan adalah kesalahan intralingual yang terdiri dari tiga penyebab: pertama adalah generalisasi yang berlebihan. Yang kedua adalah ketidaktahuan tentang pembatasan aturan, dan yang terakhir adalah penerapan aturan yang tidak lengkap. Oleh0 karena itu, penelitian ini menyarankan agar0 guru bahasa Inggris lebih banyak memberikan penjelasan tentang past tense dan siswa harus belajar lebih tentang beberapa aspek yang sulit bagi mereka, terutama dalam menggunakan bentuk lampau dari kata kerja tidak beraturan dan teratur. Sekolah disarankan untuk menyediakan fasilitas yang memadai untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar antara guru dan siswa seperti membuat kelompok belajar Bahasa Inggris. Peneliti juga menyarankan agar peneliti selanjutnya menganalisis tidak hanya tenses tetapi juga aspek gramatikal lainnya seperti kesalahan konjungsi, tanda baca, atau bahkan struktur generik dan fitur kebahasaan teks naratif. Kata-kata kunci: ana.lisis, kesalahan tata bahasa, past tense, te.ks naratif

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: analysis, grammatical error, past tense, narrative text ana.lisis, kesalahan tata bahasa, past tense, teks naratif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Kaprodi S1 Pend. Bahasa Inggris UTY
Date Deposited: 19 Dec 2022 02:36
Last Modified: 19 Dec 2022 02:36
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/11858

Actions (login required)

View Item View Item