The Students' Achievement in Writing News Item Text Using News Video at SMAN 1 Karangnongko Prestasi Siswa Dalam Menulis Teks Item Berita Menggunakan Video Berita di SMAN 1 Karangnongko

Mukhori, Fajar and Sudiro, Suryo (2022) The Students' Achievement in Writing News Item Text Using News Video at SMAN 1 Karangnongko Prestasi Siswa Dalam Menulis Teks Item Berita Menggunakan Video Berita di SMAN 1 Karangnongko. Skripsi thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
PBI_5181411027_FAJAR MUKHORI.pdf

Download (88kB)

Abstract

Writing is a major part of language learning and includes one of the four basic language skills. One of the writing activities learned in class XII is writing news item text. A news item text is a text that contains information about the events that are currently happening and deserve to be reported. This study aims to determine the achievement of class XII MIPA 2 students at SMAN 1 Karangnongko in writing news item text using a news video and to figure out students' perceptions of using a news video on their achievements in writing the news item text. This research used pre-experimental quantitative, where data were collected through tests and questionnaires, and the data collection procedure was divided into pretest and posttest. A student writing test is used to determine student achievement in writing news item text using a news video. Meanwhile, the questionnaire was used to determine students' perceptions about using a news video on their accomplishments in writing news item text. The respondents of this study were students of class XII MIPA 2 at SMAN 1 Karangnongko in the academic year 2021/2022. The results showed that on the pretest, student achievement was in the "D" or "Less" category, with an average score of 54. While on the posttest, student achievement was in the "B" or "Good" category, with an average score of 81. This indicates progress in achievement. In the posttest, students were given treatment. Furthermore, students' perceptions of using a news video on achievement in writing news item texts were. First, students felt that the news video displayed had clear and clear images. Second, students thought the news video displayed could help them develop their creative thinking potential, especially in studying news item text. Keywords: achievement, writing, news item text, news video, perception Menulis memegang bagian utama dari pembelajaran bahasa, dan itu termasuk salah satu dari empat keterampilan bahasa dasar. Salah satu kegiatan menulis yang dipelajari di kelas XII adalah menulis teks berita. News item text adalah teks yang berisi informasi tentang peristiwa yang sedang terjadi dan layak untuk diberitakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi siswa kelas XII MIPA 2 SMAN 1 Karangnongko dalam menulis teks berita menggunakan video berita dan untuk mengetahui persepsi siswa menggunakan video berita terhadap prestasinya dalam menulis teks berita. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-eksperimental dimana data dikumpulkan melalui tes dan angket, dan prosedur pengumpulan data dibagi menjadi pretest dan posttest. Tes menulis siswa digunakan untuk mengetahui prestasi siswa dalam menulis teks berita menggunakan video berita. Sedangkan angket digunakan untuk mengetahui persepsi siswa tentang penggunaan video berita terhadap prestasi mereka dalam menulis teks berita. Responden penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 2 SMAN 1 Karangnongko tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretest, prestasi belajar siswa berada pada kategori “D” atau “Kurang”, dengan skor rata-rata 54. Sedangkan pada posttest, prestasi belajar siswa berada pada kategori “B” atau “Baik” dengan rata-rata skor 81. Hal ini menunjukkan kemajuan dalam pencapaian. Pada posttest siswa diberi sebuah tindakan.. Selanjutnya, persepsi siswa tentang penggunaan video berita terhadap prestasi menulis teks item berita adalah. Pertama, siswa merasa bahwa video berita yang ditampilkan memiliki gambar yang jelas dan jelas. Kedua, siswa merasa bahwa video berita yang ditampilkan dapat membantu siswa dalam mengembangkan potensi berpikir kreatifnya, khususnya dalam mempelajari teks berita. Kata-kata kunci: prestasi, menulis, teks item berita, video berita, persepsi

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: achievement, writing, news item text, news video, perception prestasi, menulis, teks item berita, video berita, persepsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Kaprodi S1 Pend. Bahasa Inggris UTY
Date Deposited: 19 Dec 2022 02:53
Last Modified: 19 Dec 2022 02:53
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/11863

Actions (login required)

View Item View Item