Fitria, Erlin and Amalia, Ulfa and Handayani, Irma (2022) Peningkatkan keterampilan guru Sekolah Luar Biasa (SLB) dalam pembelajaran daring. Adisutjipto Institute of Aerospace Technology, https://ejournals.itda.ac.id/index.php/KACANEGARA/article/view/1085/pdf.
Text
PEER REVIEW-KACANEGARA-Pak Suhirman-Pak Sutarman.pdf Download (99kB) |
|
Text
Irma Handayani Kacanegara Plagiasi Cek.pdf Download (104kB) |
Abstract
Pandemi yang terjadi di seluruh dunia berdampak pada aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah bidang pendidikan. Pembelajaran tatap muka beralih menjadi daring. Pembelajaran daring menimbulkan keresahan dari sisi guru, diantaranya kesulitan guru dalam menggunakan media penunjang pembelajaran daring seperti zoom, google meet, screen cast o matic dll. Berawal dari keresahan dari guru di lapangan tersebut, maka kegiatan pengabdian ini dilakukan. Kegiatan pengabdian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran daring, sehingga dapat melakukan modifikasi dalam pembuatan materi pembelajaran untuk siswa berkebutuhan khusus. Guru diberikan pelatihan untuk menggunakan aplikasi Gem Reflektif dan aplikasi Screen Cast O Matic. Pelatihan ini berlangsung selama empat hari di SLB Tunas Sejahtera Seyegan. Pengukuran tingkat keterampilan sebelum dan sesudah kegiatan menggunakan instrument kuesioner keterampilan dalam pembelajaran daring. Dari hasil analisis data ditemukan adanya perbedaan yang signifikan antara keterampilan guru dalam pembelajaran daring sebelum dan sesudah diberikan pelatihan. Keywords: keterampilan pembelajaran daring; guru SLB
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Sains Dan Teknologi > S1 Informatika |
Depositing User: | Mrs Irma Handayani |
Date Deposited: | 25 Dec 2022 01:31 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 06:51 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/11911 |
Actions (login required)
View Item |