Surat Pencatatan dan HKI Poster Analisis Sebaran Wilayah Berdasarkan Indeks Bahaya Kekeringan Meteorologis di Kabupaten Bantul

Puji Utomo, S.T., M.Eng. dan Annisa Mu'awanah Sukmawati, S.T., M.T. (2022) Surat Pencatatan dan HKI Poster Analisis Sebaran Wilayah Berdasarkan Indeks Bahaya Kekeringan Meteorologis di Kabupaten Bantul. EC00202267628.

[img] Text
HKI Poster Analisis Sebaran Kekeringan.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://pdki-indonesia.dgip.go.id/detail/EC0020226...

Abstract

Poster ini merupakan hasil dari penelitian mengenai analisis sebaran wilayah berdasarkan indeks bahaya kekeringan di Kabupaten Bantul. Latar belakang dari penelitian ini bahwa Perubahan iklim telah menjadi fenomena global dan menjadi tantangan besar yang dihadapi berbagai negara di dunia. Penelitian berlokasi di Kabupaten Bantul, Provinsi D.I. Yogyakarta karena memiliki karakteristik geografis, geologis, hidrologis, dan demografis yang berpeluang menjadi penyebab bencana kekeringan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai Indeks Bahaya Kekeringan Meteorologis, yang selanjutnya dimodelkan kedalam pemetaan daerah rawan kekeringan. Sehingga, dapat diketahui sebaran wilayah mana saja yang rawan terhadap kejadian bencana kekeringan. Hasil analisis indeks kekeringan yang terjadi di Kabupaten Bantul dengan metode metode China Z Indeks didapatkan kategori kering sebesar 5%, kategori basah didapatkan sebesar 14,5%, dan sisanya sebesar 80,5% masuk dalam kategori normal, Sebaran wilayah yang mengalami kekeringan di Kabupaten Bantul dengan metode China Z Index yaitu Dlingo, Piyungan, Pandak, dan Pundong dimana peta sebaran kekeringan yang paling besar terjadi di bulan Juli tahun 2016 dan bulan Mei tahun 2019.

Item Type: Patent
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: Annisa Mu'awanah Sukmawati
Date Deposited: 09 Jan 2023 13:52
Last Modified: 09 Jan 2023 13:52
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/12102

Actions (login required)

View Item View Item