Surat Pencatatan dan HKI Poster Kerentanan Sosial Ekonomi Masyarakat Terhadap Bencana Banjir di Kabupaten Bantul Provinsi D.I. Yogyakarta

Annisa Mu'awanah Sukmawati, S.T., M.T. dan Puji Utomo, S.T., M.Eng. (2022) Surat Pencatatan dan HKI Poster Kerentanan Sosial Ekonomi Masyarakat Terhadap Bencana Banjir di Kabupaten Bantul Provinsi D.I. Yogyakarta. EC00202256217.

[img] Text
HAKI Poster Kerentanan Sosial Ekonomi-Annisa Mu'awanah S..pdf

Download (2MB)
Official URL: https://pdki-indonesia.dgip.go.id/detail/EC0020225...

Abstract

Kabupaten Bantul adalah salah satu wilayah rawan bencana banjir. Sebesar 80,16% wilayah di Kabupaten Bantul memiliki ancaman terhadap bahaya banjir. Studi bertujuan untuk memetakan kondisi kerentanan sosial ekonomi masyarakat terhadap bencana banjir di Kabupaten Bantul. Unit amatan studi mencakup 75 kalurahan (desa) di Kabupaten Bantul. Studi dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif dengan teknik Analisis Faktor menggunakan metode PCA (Principal Component Analysis) dan analisis pemetaan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode telaah dokumen terhadap data-data kependudukan tahun 2020 yang berasal dari BPS dan situs resmi pemerintahan Kabupaten Bantul serta studi literatur. Studi menunjukkan bahwa dari 20 variabel yang digunakan, direduksi menjadi 19 variabel. Dari 19 variabel yang dianalisis ditemukan bahwa ada empat faktor terkait kerentanan sosial ekonomi, yaitu faktor pendidikan, ketergantungan sosial ekonomi, kondisi desa/ kota, dan kondisi infrastruktur. Keempat faktor tersebut mempengaruhi tingkat kerentanan sosial ekonomi di Kabupaten Bantul sebesar 72,68%. Sedangkan 27,32% sisanya dijelaskan oleh faktor lain selain yang dibahas. Secara spasial, kalurahan yang berada di wilayah Kabupaten Bantul bagian timur dan selatan cenderung memiliki kerentanan yang lebih besar.

Item Type: Patent
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: Annisa Mu'awanah Sukmawati
Date Deposited: 09 Jan 2023 13:56
Last Modified: 09 Jan 2023 13:56
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/12104

Actions (login required)

View Item View Item