Similarity Check ANALISIS KEBERLANJUTAN TRANS JOGJA MELALUI METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING(MDS) RAPFISH

Nawangsari, Himmarielda and Ismaili, Abul Fida (2022) Similarity Check ANALISIS KEBERLANJUTAN TRANS JOGJA MELALUI METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING(MDS) RAPFISH. universitas Dipenogoro, Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota.

[img] Text
Analisis Keberlanjutan Trans Jogja Mengguanakan Metode Multi-Dimensional Scaling (MDS) Rapfish (3).pdf

Download (2MB)
Official URL: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/pwk

Abstract

Sebagai solusi dari masalah transportasi di perkotaan dengan konsep berkelanjutan, Trans Jogja dikembangkan dengan harapan menjadi moda transportasi terbaik untuk diterapkan di Kota Yogyakarta. Namun sejauh penelitian yang terkait dengan status keberlanjutan Trans Jogja belum dilakukan dengan spesifik. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji aspek keberlanjutan Trans Jogja ditinjau dari aspek ekonomi; sosial; peraturan dan aspek kelembagaan; lingkungan; teknologi dan infrastruktur. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode Multi-dimensional Scaling (MDS) untuk mengevaluasi indikator keberlanjutan angkutan umum Trans Jogja menggunakan software Rapfish. Hasil analisis menunjukkan kondisi Trans Jogja berada pada status kategori kurang berkelanjutan dengan skor indeks 49,54. Aspek lingkungan memiliki nilai terendah dengan indeks sebesar 34,21 pada kategori kurang berkelanjutan, sedangkan empat aspek lainnya tergolong cukup berkelanjutan. Oleh karena itu, dibutuhkan perencanaan dan kebijakan yang dapat meningkatkan indikator keberlanjutan aspek lingkungan Trans Jogja. Hal ini akan mencegah efek domino yang nantinya akan berdampak pada aspek lain dan memperburuk kondisi kerberlanjutan Trans Jogja.

Item Type: Other
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: Mr. Abul Fida
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:45
Last Modified: 16 Jan 2023 02:45
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/12182

Actions (login required)

View Item View Item