PEER REVIEW: Analisa Performa Jaringan 4G LTE Berbagai Provider Seluler di Area Kota Yogyakarta - Prosiding Semnas UNIMUS.

Sugiharto, Ari and Alfi, Ikrima (2018) PEER REVIEW: Analisa Performa Jaringan 4G LTE Berbagai Provider Seluler di Area Kota Yogyakarta - Prosiding Semnas UNIMUS. LP2M Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img] Text
PEER REVIEWer 1+2-prosiding-unimus 2018.pdf

Download (411kB)

Abstract

Teknologi telekomunikasi seluler telah berkembang ke generasi keempat, yaitu jaringan 4G. Meskipun hampir semua operator penyedia layanan telekomunikasi seluler telah menyatakan bahwa mereka siap dengan jaringan 4G, pada kenyataannya, tidak semua area di kota Yogyakarta tercakup oleh layanan jaringan 4G. Kondisi ini dikeluhkan oleh banyak pengguna. Kinerja jaringan 4G di wilayah Yogyakarta perlu ditelusuri lebih lanjut sehingga pemanfaatannya lebih optimal dan tidak mengecewakan pengguna jaringan. Penelitian ini menganalisis kinerja jaringan 4G LTE dari berbagai operator layanan telepon seluler di wilayah Kota Yogyakarta, diwakili oleh dua operator. Param ter kinerja yang diukur adalah Daya Sinyal Referensi yang Diterima (RSRP) dan Referensi Sinyal yang Diterima Berkualitas (RSRQ). Dalam studi ini tes drive dilakukan untuk menentukan kualitas sinyal seluler di berbagai daerah yang mewakili daerah perkotaan, suburban dan perkotaan padat di kota Yogyakarta. Dari hasil pengukuran tes drive, kesimpulan dari hasil tes untuk operator A, RSRP nilai maks -57dBm, RSRP min -117 dBm, RSRP rata-rata -85.35dBm, RSRQ max -4 dBm, RSRQ min - 23 dBm, dan RSRQ rata-rata -13,02 dBm. Sedangkan untuk operator B diperoleh nilai maks RSRP -51 dBm, RSRP min -105 dBm, RSRP rata-rata 76,92 dBm, RSRQ max -4 dBm, RSRQ min -21 dBm, dan RSRQ rata-rata -8,94 dBm.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Sains Dan Teknologi > S1 Teknik Komputer
Depositing User: S.Si M.Eng Ari Sugiharto
Date Deposited: 02 Feb 2023 06:08
Last Modified: 02 Feb 2023 06:08
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/12317

Actions (login required)

View Item View Item