Joko, Sutopo (2004) Pertimbangan Aspek Ergonomi Pada Optimalisasi Fungsi Ruang Belajar Anak Sebagai Stimulan Perkembangan Fisik Anak. In: Seminar Nasional Ergonomi, 27 Maret 2004, Yogyakarta.
Text
18. Ok_Pertimbangan Aspek Ergonomi Pada Optimalisasi Fungsi Ruang Belajar Anak Sebagai Stimulan Perkembangan Fisik Anak.pdf Download (8MB) |
Abstract
Perancangan ruang, pada dasamya adalah perancangan sebuah wadah, yang nantinya akan diisi dengan suatu benda. Ruang belajar anak dirancang dengan kegiatan belajar di dalamnya yang akan dilakukan oleh seorang anak. Sebagai sebuah wadah, ruang mestinya disiapkan sesuai dengan tuntutan kebutuhan pengguna ruang tersebut. Anak adalah mahkluk istimewa dengan perkembangan yang sangat pesat, namun juga mahkluk lemah yang harus dilindungi. Perkembangan fisik anak, yang sangat menunjang bagi proses kehidupan selanjutnya, perlu dioptimalkan dengan pemberian rangsangan-rangsangan terhadap fisiknya. Hal ini dapat dilakukan melalui lingkungan sekitarnya. Ruang sebagai wadah bagi suatu kegiatan, pun tidak luput dari misi tersebut. Ruang belajar anak, selayaknya dirancang dengan memperhatikan ukuran tubuh anak dan karakter gerak anak tersebut sehingga anak dapat menggunakan ruang tersebut dengan nyaman. Perancangan ruang belajar anak yang tepat tidak saja sekedar berfungsi melingkupi kegiatan belajar anak, namun juga dapat memberikan stimulan bagi perkembangan anak tersebut. Kata kunci : Ruang , Stimulan , Karakter gerak , Ukuran tubuh
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Sains Dan Teknologi > Data Science |
Depositing User: | ST., MT. Joko Sutopo |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 04:43 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 04:43 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/12616 |
Actions (login required)
View Item |