Studi Pemanfaatan dan Pengelola Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Memanfaatkan Saluran Van Der Wijck di Desa Sendangrejo Kecamatan Minggir Kabuaten Sleman

Joko, Sutopo (2010) Studi Pemanfaatan dan Pengelola Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Memanfaatkan Saluran Van Der Wijck di Desa Sendangrejo Kecamatan Minggir Kabuaten Sleman. -, -. (Unpublished)

[img] Text
23. ok_Studi Potensi Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro SUngai Winongo Kabupaten Sleman.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://journal.uty.ac.id

Abstract

Dewasa ini energi listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi umat manusia. Kemajuan suatu negara dapat diukur dari tingkat pemakaian energi listriknya. Seiring perkembangan zaman maka kebutuhan akan energi listrik sudah kian mendesak, bukan hanya untuk masyarakat perkotaan saja tetapi masyarakat pedesaan juga sangat memerlukan energi listrik untuk keperluan sehari-hari. Kabupaten Sleman memiliki banyak potensi alam dimana secara geografis merupakan daerah yang memiliki aliran sungai yang mengalir dari mata air gunung Merapi. Sungai-sungai yang mengalir ini memberikan suatu penghidupan dan harapan bagi masyarakat yang daerahnya dialiri oleh sungai ini. Salah satu aliran sungai yang memiliki potensi yaitu aliran Sungai Van Der Wijck di Desa Sendangrejo Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman. Dimana aliran sungai ini banyak dipakai untuk mengairi perairan pertanian dan perikana di Sleman dan sekitarnya. Dalam mengembangkan energi terbaharukan antara lain pemanfaatan air sungai untuk mikro hidro, pemanfaatan tenaga angin, pemanfaatan tenaga panas matahari, pemanfaatan biogas dan masih banyak potensi alam yang bisa dikembangkan untuk mengantisipasi krisis energi dan mengembangkan potensi alam di Kabupaten Sleman. Studi pemanfaatan dan pengelola pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) memanfaatkan saluran Van Der Wijck berusaha mengungkap potensi energi yang bisa dimanfaatkan dari aliran sungai Van Der Wijck yang selalu mengalir sepanjang tahun untuk mengoperasikan pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH). Dengan dukungan aliran yang memiliki ketinggian yang memadai dan sudut kemiringan dengan didukung stabilnya debit air yang mengalir PLTMH Minggir ini menjadi potensi pembangkit listrik yang besar untuk membantu dalam mendukung krisis energy listrik nasional. Pengelolaan PLTMH Minggir dengan memanfaatkan Saluran Van Der Wijck ini masih belum maksimal karena belum adanya pengelolaan yang terstruktur dan adanya operasional penghasilan yang memadai. Untuk itu perlu adanya dukungan yaitu stabilitas operasional listrik PLTMH, tenaga SDM yang fix dan memadai untuk melakukan pemeliharaaan dan operasional PLTMH, saat ini belum terkoneksi dengan jaringan PLN. Untuk pe pemanfaatan PLTMH Minggir ini sudah cukup memadai untuk bisa dipergunakan untuk melayani kebutuhan pelanggan di sekitar PLTMH. Pembenahan kontruksi PLTMH terutama bendungan disekitar aliran masuk turbin menjadi solusi untuk mencegah terjadinya banjir bila pintu bendungan aliran sungai ditutup. Sehingga keberadaan PLTMH Minggir menjadi suatu ikon dan proses pembelajaran bagi masyarakat dalam mengimplementasikan suatu potensi air menjadi suatu energy listrik.

Item Type: Other
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains Dan Teknologi > Data Science
Depositing User: ST., MT. Joko Sutopo
Date Deposited: 05 Apr 2023 06:05
Last Modified: 05 Apr 2023 06:05
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/12622

Actions (login required)

View Item View Item