ROHMATIKA, FINA (2018) FAKTOR-FAKTOR PEMICU STRES KERJA PADA GURU WANITA DI TK ANAK SHOLEH 2 SOOKO PONOROGO. Tugas Akhir thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA.
Text
FINA ROHMATIKA.docx Download (15kB) |
Abstract
Pada era globalisasi ini wanita sudah memiliki hak yang sama seperti laki-laki, yaitu bekerja. Selain menjadi seorang ibu, wanita juga bekerja diluar rumah. Seperti menjadi seorang pendidik yaitu guru TK. Meskipun mendapatkan penghasilan, tetapi seorang wanita harus pintar-pintar membagi waktu antara bekerja dengan keluarga. Hal inilah yang menyebabkan wanita memiliki peran ganda. Dari peran ganda yang disandang menyebabkan rentan terjadinya stres kerja pada guru TK wanita yang sudah berkeluarga dan memiliki anak kecil. Stres ini dapat berdampak kepada pekerjaan dan juga keluarga seorang guru wanita. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pemicu stres kerja pada guru wanita di TK Anak Sholeh 2 Sooko Ponorogo Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu melihat faktor-faktor pemicu stres kerja pada guru TK wanita. Subjek dalam penelitian ini adalah guru wanita TK anak Sholeh 2 Sooko Ponorogo Jawa Timur yang berjumlah tiga orang. Penelitian dilakukan dengan observasi, dua kali wawancara dan juga dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek ini memiliki faktor-faktor pemicu stres kerja yang berbeda-beda. Subjek pertama lebih cenderung pada faktor pribadi, subjek kedua cenderung kepada faktor lingkungan dan subjek terakhir lebih cenderung pada faktor organisasi. Kata kunci: stres kerja, guru wanita, guru tk
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | stres kerja, guru wanita, guru tk |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Humaniora > S1 Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UTY |
Date Deposited: | 16 Jul 2018 07:44 |
Last Modified: | 16 Jul 2018 07:44 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/1265 |
Actions (login required)
View Item |