Inovasi Untuk Perbaikan Mesin Cap Kain Menggunakan Augmented Reality Pada Balai Besar Kerajinan Dan Batik Kota Yogyakarta

Sena, Prasdika Widas and Setiafindari, Widya (2023) Inovasi Untuk Perbaikan Mesin Cap Kain Menggunakan Augmented Reality Pada Balai Besar Kerajinan Dan Batik Kota Yogyakarta. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
5190621001 PRASDIKA WIDAS SENA-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)

Abstract

ABSTRAK Mesin cap kain batik merupakan salah satu mesin yang digunakan Balai Besar Kerajinan dan Batik untuk membuat kain batik. Mesin ini sudah terotomasi dengan menggunakan pengaturan PLC (Programmable Logic Controler) yang membuat mesin ini dapat dikendalikan dengan komputer. Produk kain batik yang dihasilkan adalah 15 lembar/ bulan. Dari hasil produksi yang dilakukan belum memenuhi target produksi yang ditargetkan mencapai 50 lembar/ bulan, sehingga perlu adanya inovasi pada mesin yang nantinya akan membuat produksi menjadi meningkat. Adapun proses yang harus dilakukan adalah membuat sebuah gambar mesin cap kain batik meliputi: ukuran mesin, dan spesifikasi mesin, membuat lisensi pada Vuvoria Engine hingga pembuatan marker pada software unity. Metode yang digunakan dalam pembuatan Augmented Reality ini adalah metode single marker yaitu satu marker gambar hanya dapat menampilkan satu object benda, sehingga pada metode ini tidak dapat menampilkan banyak object. Dari hasil pembuatan Teknologi Augmented Reality adalah redesain yang dilakukan pada mesin cap kain batik pada Balai Besar Kerajinan dan Batik merupakan sebuah langka yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas pembuatan kain batik sehingga memenuhi dengan target produksi yang diharapkan oleh Balai Besar Kerajnan dan Batik. Maka perlu dilakukan visualisasi mesin dengan teknologi AR sehingga menjadi bahan evaluasi pada mesin cap kain batik serta mengurangi biaya pembuatan mesin yang kedepannya mampu meningkatkan produksi kain batik. Kata Kunci : Mesin Cap Kain Batik, Augmented Reality, Visualisasi, Inovasi. Innovation For Repairing Fabric Stamp Machines Using Augmented Reality at the Yogyakarta Batik and Craft Center ABSTRACT The Batik cloth stamp machine is one of the machines the Center for Crafts and Batik uses to make batik cloth. This machine has been automated using a PLC (Programmable Logic Controler) setting, which allows this machine to be controlled by a computer. Batik cloth products produced are 15 pieces/month. The production results have not met the target of 50 pieces/month, so the machine needs innovation, which will increase production. The process that must be carried out is to make an image of a batik cloth stamp machine, including the machine size and specifications, and make a license on the Vuvoria Engine to create markers in the unity software. The method used in making Augmented Reality is the single marker method; one image marker can only display one. From the results of making Augmented Reality Technology, the redesign was carried out on a batik cloth stamping machine at the Center for Crafts and Batik, which is a rare thing that can be done to increase the productivity of making batik cloth. Thus, it meets the production targets expected by the Center for Crafts and Batik. So it is necessary to visualize the machine with AR technology so that it becomes an evaluation material for batik cloth stamping machines and reduces the cost of making machines which in the future will be able to increase batik cloth production. Keywords: Batik Fabric Stamping Machine, Augmented Reality, Visualization, Innovation.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Industri
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Industri UTY
Date Deposited: 26 May 2023 04:52
Last Modified: 26 May 2023 04:52
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/13095

Actions (login required)

View Item View Item