Yossy Vebriani, Ira (2023) “Gambaran Konsep Diri Remaja Putus Sekolah “. A Picture of the Self-Concept of School Drop Out Teens". Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.
Text
5161211025_IRA YOSSY_ABSTRAK_13.docx Download (18kB) |
Abstract
Penerapan wajib belajar 12 tahun bagi masyarakat Indonesia merupakan suatu keharusan yang perlu diusahakan. Namun pada kenyataannya siswa yang berada pada usia sekolah tidak sedikit yang mengalami kasus putus sekolah. Permasalahan siswa yang tidak melanjutkan pendidikannya sampai ke jenjang pendidikan yang tinggi, bahkan tidak sedikit yang wajib belajar 12 tahun. Desa Wonolelo terdapat 14,8 % remaja yang tidak melanjutkan pendidikan dari jenjang SMA sederajat dan Perguruan Tinggi. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan sampel 10 remaja. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Purposive Sampling yaitu dengan kriteria yang sudah ditetapkan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara menggunakan instrument pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran konsep diri remaja putus sekolah di desa Wonolelo masih tergolong rendah dalam melanjutkan studi. Hal ini ditandai dengan prinsip yang diyakini bahwa pendidikan itu tidak ada pengaruhnya dengan kesuksesan atau pekerjaan. Pengaruh faktor ekonomi juga mampu mempengaruhi konsep diri remaja dalam melanjutkan studi, pasalnya dalam keterbatasan ekonomi, remaja mengambil keputusan untuk putus sekolah. Manfaat dari penelitian ini diharapkan remaja bisa memiliki konsep diri yang positif untuk melanjutkan studi agar mampu mempersiapkan diri pada dunia kerja. Keterbatasan penelitian ini adalah kurangnya jawaban yang mendalam sehingga peneliti mengalami kesulitan dalam menganalis hasil wawancara. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu dapat melakukan treatment atau pendekatan konseling yang mampu meningkatkan konsep diri remaja putus sekolah untuk melanjutkan studi. Diharapkan remaja mampu untuk mengubah mindset tersebut bahwa pendidikan bukan hanya mengejar tentang penghasilan atau karir dikemudian hari. The implementation of 12 years of compulsory education for the people of Indonesia is a necessity that needs to be worked on. However, in reality there are not a few students who are at school age who experience cases of dropping out of school. The problem is students who do not continue their education to a higher level of education, not even a few who are required to study for 12 years. In Wonolelo village, there are 14.8% of youth who do not continue their education from high school or higher education. The research method uses descriptive qualitative with a sample of 10 teenagers. Sampling using Purposive Sampling Technique, namely with predetermined criteria. Data collection was carried out through interviews using an interview guide instrument. The results of this study indicate that the self-concept of dropout adolescents in Wonolelo village is still relatively low in continuing their studies. This is marked by the principle that it is believed that education has no effect on success or employment. The influence of economic factors is also able to influence the self-concept of adolescents in continuing their studies, because within economic constraints, adolescents make the decision to drop out of school. The benefits of this research are that adolescents are expected to have a positive self-concept to continue their studies so that they are able to prepare themselves for the world of work. The limitation of this research is the lack of in-depth answers so that researchers have difficulty analyzing the results of the interviews. Suggestions for future researchers are to carry out treatment or counseling approaches that are able to improve the self-concept of dropout adolescents to continue their studies. It is hoped that adolescents will be able to change the mindset that education is not just pursuing income or careers in the future.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Diri, Remaja, Putus Sekolah Self-Concept, Teenager, DropOut |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Kaprodi S1 Bimbingan Konseling UTY |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 03:17 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 03:17 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/13338 |
Actions (login required)
View Item |