“Gambaran Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Layanan Bimbingan dan Konseling di MAN 2 Yogyakarta” "Overview of the Implementation of the Independent Learning Curriculum in Guidance and Counseling Services in MAN 2 Yogyakarta"

Winata, Riyoga (2023) “Gambaran Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Layanan Bimbingan dan Konseling di MAN 2 Yogyakarta” "Overview of the Implementation of the Independent Learning Curriculum in Guidance and Counseling Services in MAN 2 Yogyakarta". Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
5191211018_RIYOGA WINATA_ABSTRAK_3.docx

Download (17kB)

Abstract

Pendidikan identik dengan perkembangan. Pendidikan di Indonesia adalah sebuah proses pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Guna mewujudkan tujuan pendidikan tersebut maka diperlukan suatu kurikulum untuk mengatur pelaksanaan pendidikan dalam lembaga pendidikan, salah satunya ialah Kurikulum Merdeka Belajar yang saat ini sedang diterapkan dibeberapa lembaga pendidikan. Guru Bimbingan dan Konseling ikut berperan dalam memfasilitasi perkembangan peserta didik untuk mencapai kemandirian dalam kehidupannya, hal ini sejalan dengan tujuan dari Kurikulum Merdeka Belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar, menggambarkan proses implementasi Kurikulum Merdeka Belajar, dan mengetahui peran guru Bimbingan dan Konseling pada implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada layanan Bimbingan dan Konseling di MAN 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Tempat penelitian ini berlokasi di MAN 2 Yogyakarta. Subjek penelitian ini berjumlah empat orang yaitu satu Waka Kurikulum dan tiga guru Bimbingan dan Konseling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1). Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar di MAN 2 Yogyakarta diterapkan berdasarkan KMA No 347 Tahun 2022 dan ditunjuknya MAN 2 Yogyakarta sebagai madrasah piloting dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar sehingga dalam pelaksanaanya dikelas X sudah menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar namun dikelas XI dan XII masih menggunakan Kurikulum 2013. 2). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam layanan Bimbingan dan Konseling berupa menerapkan layanan dasar dan responsif yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa serta fokus layanan Bimbingan dan Konseling mengutamakan pada pengarahan peminatan pelajaran sesuai kelompok pelajaran. 3). Peran guru Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum Merdeka Belajar sangat sentral dimana guru Bimbingan dan Konseling berperan sebagai agen pencegahan dan pengembang karir peserta didik dalam memenuhi kebutuhan dan permasalahan peserta didik. Manfaat pada penelitian ini adalah memberikan sumbangan informasi terkait implementasi Kurikulum Merdeka Belajar khususnya pada layanan Bimbingan dan Konseling. Terdapat keterbatasan pada penelitian ini yaitu tempat penelitian hanya berfokus di MAN 2 Yogyakarta, sehingga penelitian ini tidak bisa digeneralisasikan pada semua sekolah. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat menyempurnakan penelitian tentang pro maupun kontra terkait implementasi Kurikulum Merdeka Belajar yang belum terdapat pada penelitian ini. Education is synonymous with development. Education in Indonesia is a learning process to improve the knowledge and skills of students. In order to realize these educational goals, a curriculum is needed to regulate the implementation of education in educational institutions, one of which is the Independent Learning Curriculum which is currently being implemented in several educational institutions. Guidance and Counseling teachers play a role in facilitating the development of students to achieve independence in their lives, this is in line with the objectives of the Independent Learning Curriculum. The purpose of this study is to know and describe the policy of the Independent Learning Curriculum, describe the implementation process of the Free Learning Curriculum, and know the role of Guidance and Counseling teachers in the implementation of the Independent Learning Curriculum in Guidance and Counseling services at MAN 2 Yogyakarta. This research uses a descriptive qualitative approach method. This research site is located in MAN 2 Yogyakarta. The subjects of this study amounted to four people, namely one Assisstant Principal of Academic Affaiirs and Curriculum and three Guidance and Counseling teachers. Data collection in this study used interview techniques and documentation studies. The results of this study are 1). The Independent Learning Curriculum Policy at MAN 2 Yogyakarta is implemented based on KMA No. 347 of 2022 and the appointment of MAN 2 Yogyakarta as a piloting madrasah in implementing the Independent Learning Curriculum so that in its implementation in class X it has used the Independent Learning Curriculum but in classes XI and XII it still uses the 2013 Curriculum. 2). The implementation of the Independent Learning Curriculum in Guidance and Counseling services in the form of implementing basic and responsive services tailored to student needs and the focus of Guidance and Counseling services prioritizes the direction of lesson specialization according to lesson groups. 3). The role of Guidance and Counseling teachers in the Independent Learning Curriculum is very central where Guidance and Counseling teachers act as preventive agents and career developers of students in meeting the needs and problems of students. The benefit of this research is to contribute information related to the implementation of the Independent Learning Curriculum, especially in Guidance and Counseling services. There is a limitation to this study that the research site only focuses on MAN 2 Yogyakarta, so this research cannot be generalized to all schools. Suggestions for further researchers are expected to improve research on the pros and cons related to the implementation of the Independent Learning Curriculum which has not been contained in this study.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Bimbingan dan Konseling Independent Curriculum, Guidance and Counseling
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Kaprodi S1 Bimbingan Konseling UTY
Date Deposited: 02 Aug 2023 06:33
Last Modified: 02 Aug 2023 06:33
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/13348

Actions (login required)

View Item View Item