. “Pengaruh Penyesuaian Diri terhadap Motivasi Belajar pada Mahasiswa Rantau di Universitas Teknologi Yogyakarta” “The Effect of Self-Adjustment on Learning Motivation in Overseas Students at Yogyakarta University of Technology.”

Amanah, Rizka (2023) . “Pengaruh Penyesuaian Diri terhadap Motivasi Belajar pada Mahasiswa Rantau di Universitas Teknologi Yogyakarta” “The Effect of Self-Adjustment on Learning Motivation in Overseas Students at Yogyakarta University of Technology.”. Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
5191211026_Rizka Amanah_ABSTRAK_9.docx

Download (10kB)

Abstract

Proses penyesuaian diri amat penting, khususnya bagi mahasiswa rantau yang baru mengenal lingkungan baru. Ketidakmampuan dalam menyesuaikan diri dengan baik di lingkungan baru berpengaruh pada motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penyesuaian diri mahasiswa rantau, tingkat motivasi belajar serta pengaruh penyesuaian diri terhadap motivasi belajar mahasiswa rantau di Universitas Teknologi Yogyakarta. Metode penelitian ini kuantitatif korelasional dengan populasi seluruh mahasiswa rantau di Universitas Teknologi Yogyakarta sebanyak 11.762. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 126 mahasiswa rantau, dengan teknik Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner. Hasil penelitian diperoleh bahwa penyesuaian diri mahasiswa rantau berada pada kategori sedang dengan frekuensi 91 mahasiswa (72%) dan diperoleh tingkat motivasi belajar mahasiswa rantau berada pada kategori sedang dengan frekuensi 87 mahasiswa (69%). Dari hasil pengujian uji regresi linear sederhana diperoleh R Square sebesar 0,585 atau 58,5% yang artinya pengaruh variabel penyesuaian diri terhadap motivasi belajar sebesar 58,5% sedangkan sisanya 41,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini, sementara dari hasil uji hipotesis yang memperlihatkan bahwa nilai T hitung > T tabel (13,218 > 1,979), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penyesuaian diri terhadap motivasi belajar mahasiswa rantau di Universitas Teknologi Yogyakarta. Penelitian ini dapat menjadi evaluasi bagi para mahasiswa rantau mengenai pentingnya memiliki menyesuaian diri yang baik agar dapat meningkatkan motivasi belajar serta menjadi bahan pertimbangan bagi calon mahasiswa rantau untuk lebih mempersiapkan diri saat memutuskan untuk merantau. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu tidak dapat menjangkau seluruh mahasiswa rantau di UTY sehingga diharapkan peneliti selanjutnya dapat memperluas jumlah responden serta dapat menambah dan memperdalam variabel lain yang berhubungan dengan penyesuaian diri dan motivasi belajar. The adjustment process is essential, especially for overseas students who are new to a new environment. The inability to adapt well to a new environment affects the motivation to learn. The purpose of this study was to find out how the adjustment of overseas students, the level of learning motivation, and the effect of self-adjustment on the learning motivation of overseas students at Yogyakarta University of Technology. This research method is a quantitative correlation with a population of 11,762 overseas students at the Yogyakarta University of Technology. The sample in this study was 126 overseas students, using the Stratified Random Sampling technique. Data collection techniques in this study used a questionnaire. The results showed that the self-adjustment of overseas students was in the medium category with a frequency of 91 students (72%) and the level of learning motivation of overseas students was obtained in the medium category with 87 students (69%). From the results of the simple linear regression test, an R Square of 0.585 or 58.5% is obtained, which means that the effect of the adjustment variable on learning motivation is 58.5%, while the remaining 41.5% is influenced by other variables not mentioned in this study, while from the results of the hypothesis test show that the value of T count > T table (13.218 > 1.979), then Ho is rejected and Ha is accepted. This means that there is a significant positive effect between self-adjustment on the learning motivation of overseas students at Yogyakarta University of Technology. This research can be used as evaluation material for overseas students regarding the importance of good adjustment to increase learning motivation as well as material for consideration for prospective overseas students to better prepare themselves when deciding to migrate. The limitation of this research is that it has not been able to reach all overseas students at UTY so it is hoped that future researchers can increase the number of respondents and can add and deepen other variables related to self-adjustment and learning motivation.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian Diri, Motivasi Belajar, Mahasiswa Rantau Self-Adjustment, Learning Motivation, Overseas Students
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Kaprodi S1 Bimbingan Konseling UTY
Date Deposited: 02 Aug 2023 06:51
Last Modified: 02 Aug 2023 06:51
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/13352

Actions (login required)

View Item View Item