“Kecenderungan Perilaku Hedon pada Mahasiswa Perantau Pasca Pandemi Covid-19” ."Trends in Hedontic Behavior in Overseas Students Post the Covid-19 Pandemi"

Agustin Arifah, Dwi Citra (2023) “Kecenderungan Perilaku Hedon pada Mahasiswa Perantau Pasca Pandemi Covid-19” ."Trends in Hedontic Behavior in Overseas Students Post the Covid-19 Pandemi". ["eprint_fieldopt_thesis_type_tugasakhir" not defined] thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
5191211033_DWI CITRA AGUSTIN_ABSTRAK_21.docx

Download (30kB)

Abstract

Perilaku hedon seiring dengan berkembangnya waktu telah menjadi suatu gaya hidup yang digandrungi oleh kelompok masyarakat termasuk mahasiswa, di mana hedon hanya berorientasi pada kesenangan dan kenikmatan dalam hidup. Gaya hidup hedon yang terjadi pada kalangan mahasiswa tercermin dari perilaku sehari-hari, antara lain kebiasaan yang selalu ingin bersenang-senang seperti membeli barang mewah dan menghabiskan waktu di luar bersama teman-teman. Gaya hidup hedon yang terjadi pada mahasiswa terindikasi dapat mengganggu tujuan dan kegiatan akademis mahasiswa di perantauan karena tujuan dari pendidikan di Indonesia bukanlah menciptakan generasi hedon melainkan generasi yang intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecenderungan perilaku hedon dan indikasi dampak yang terjadi akibat dari perilaku hedon pada mahasiswa perantau. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner, observasi dan open ended. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Sumber data utama berupa kuesioner dan open ended yang diisi oleh 135 responden dengan kriteria mahasiswa perantau asal daerah Riau, Kalimantan Barat dan Ambon yang sedang menduduki bangku perkuliahan di D.I. Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kecenderungan perilaku hedon mahasiswa perantau berada pada kategori sedang, sementara indikasi dampak dari perilaku hedon yang dialami mahasiswa diantaranya yaitu indikasi dampak pada bidang pribadi dan akademik. Dampak pada bidang pribadi mahasiswa yang berperilaku hedon diantaranya terdapat kepuasan pribadi, timbul sikap impulsif dan pemborosan. Sementara dampak perilaku hedon pada bidang akademik yaitu sulit dalam mengelola waktu sehingga mengganggu perkuliahan mahasiswa seperti terbengkalainya tugas-tugas kuliah. Terdapat peningkatan absensi akibat membolos dan penurunan nilai akibat motivasi belajar yang menurun. KeterbaPerilaku hedon seiring dengan berkembangnya waktu telah menjadi suatu gaya hidup yang digandrungi oleh kelompok masyarakat termasuk mahasiswa, di mana hedon hanya berorientasi pada kesenangan dan kenikmatan dalam hidup. Gaya hidup hedon yang terjadi pada kalangan mahasiswa tercermin dari perilaku sehari-hari, antara lain kebiasaan yang selalu ingin bersenang-senang seperti membeli barang mewah dan menghabiskan waktu di luar bersama teman-teman. Gaya hidup hedon yang terjadi pada mahasiswa terindikasi dapat mengganggu tujuan dan kegiatan akademis mahasiswa di perantauan karena tujuan dari pendidikan di Indonesia bukanlah menciptakan generasi hedon melainkan generasi yang intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecenderungan perilaku hedon dan indikasi dampak yang terjadi akibat dari perilaku hedon pada mahasiswa perantau. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner, observasi dan open ended. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Sumber data utama berupa kuesioner dan open ended yang diisi oleh 135 responden dengan kriteria mahasiswa perantau asal daerah Riau, Kalimantan Barat dan Ambon yang sedang menduduki bangku perkuliahan di D.I. Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kecenderungan perilaku hedon mahasiswa perantau berada pada kategori sedang, sementara indikasi dampak dari perilaku hedon yang dialami mahasiswa diantaranya yaitu indikasi dampak pada bidang pribadi dan akademik. Dampak pada bidang pribadi mahasiswa yang berperilaku hedon diantaranya terdapat kepuasan pribadi, timbul sikap impulsif dan pemborosan. Sementara dampak perilaku hedon pada bidang akademik yaitu sulit dalam mengelola waktu sehingga mengganggu perkuliahan mahasiswa seperti terbengkalainya tugas-tugas kuliah. Terdapat peningkatan absensi akibat membolos dan penurunan nilai akibat motivasi belajar yang menurun. Keterbatasan penelitian ini terkait pengukuran tingkat hedon yang belum standar dalam kriterianya. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan kajian dalam pendidikan bimbingan dan konseling terutama yang berkaitan dengan bidang pribadi, sehingga diharapkan untuk peneliti selanjutnya hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk mengembangkan penelitian tentang upaya preventif terkait perilaku hedon pada mahasiswa perantau dan pengembangan media untuk pencegahan perilaku hedon pada mahasiswa perantau pasca pandemic covid-19.tasan penelitian ini terkait pengukuran tingkat hedon yang belum standar dalam kriterianya. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan kajian dalam pendidikan bimbingan dan konseling terutama yang berkaitan dengan bidang pribadi, sehingga diharapkan untuk peneliti selanjutnya hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk mengembangkan penelitian tentang upaya preventif terkait perilaku hedon pada mahasiswa perantau dan pengembangan media untuk pencegahan perilaku hedon pada mahasiswa perantau pasca pandemic covid-19. Hedonic behavior over time has become a lifestyle that is loved by community groups including students, where hedon is only oriented towards pleasure and enjoyment in life. The hedonic lifestyle that occurs among college students is reflected in their daily behavior, including the habit of always wanting to have fun, such as buying good luxury and spending time outside with friends. It is indicated that the hedonic lifestyle that occurs in students can interfere with the goals and academic activities of students abroad because the aim of education in Indonesia is not to create a hedonist generation but an intellectual generation. This study aims to determine the level of hedon behavior tendencies and indications of the impact that occurs as a result of hedon behavior on overseas students. The method used in this study is a survey with a quantitative descriptive approach. Data collection techniques in this study used questionnaires, observation and open ended. Determining the subject of this study using random sampling technique. The main data sources were in the form of questionnaires and open ended which were filled in by 135 respondents with the criteria of overseas students from the regions of Riau, West Kalimantan and Ambon who were currently occupying lecture benches in DI Yogyakarta. The results of this study indicate that the tendency of hedonistic behavior of overseas students is in the moderate category, while indications of the impact of hedonic behavior experienced by students include indications of impact on the personal and academic fields. The impact on the personal field of students who behave hedically includes personal satisfaction, impulsiveness and extravagance arise. Meanwhile, the impact of hedonic behavior in the academic field is that it is difficult to manage time so that it disrupts student lectures such as neglecting coursework. There is an increase in absenteeism due to truancy and a decrease in grades due to decreased learning motivation. The limitations of this study are related to the measurement of hedon levels which are not standardized in the criteria. The results of this study can be used as study material in guidance and counseling education, especially those related to the personal sector, so it is hoped that for future researchers the results of this study can be used as a reference to develop research related to hedonic behavior in overseas students after the Covid-19 pandemic

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_tugasakhir" not defined])
Uncontrolled Keywords: Hedon, Mahasiswa Perantau, Pasca Pandemi Covid-19 Hedonm, Overseas Students, Post-Covid-19 Pandemic.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Kaprodi S1 Bimbingan Konseling UTY
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:23
Last Modified: 02 Aug 2023 07:23
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/13357

Actions (login required)

View Item View Item