“Peran Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar pada Mahasiswa Perantau Universitas Teknologi Yogyakarta” The Role of Peers on Learning Motivation in Overseas Students of Yogyakarta University of Technology".

Khasanah, Faidatul (2023) “Peran Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar pada Mahasiswa Perantau Universitas Teknologi Yogyakarta” The Role of Peers on Learning Motivation in Overseas Students of Yogyakarta University of Technology". Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
5191211039_FAIDATUL KHASANAH_ABSTRAK_17.docx

Download (16kB)

Abstract

Hubungan pertemanan sebaya pada mahasiswa perantau memiliki berbagai peran, salah satunya adalah sebagai sumber dukungan sosial untuk menumbuhkan motivasi belajar dalam diri mahasiswa perantau tersebut. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data utama berupa wawancara dengan 5 mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Teknologi Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di universitas Teknologi Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertemanan sebaya tidak terlalu berpengaruh terhadap motivasi belajar pada mahasiswa perantau. Hal tersebut ditunjukkan dengan data awal yang diperoleh dari mahasiswa perantau yang mempunyai Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertemanan sebaya tidak terlalu berpengaruh terhadap motivasi belajar pada mahasiswa perantau. Hal tersebut ditunjukkan dengan pengambilan data pra-penelitian yang menyatakan bahwa mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Universitas Teknologi Yogyakarta memiliki pertemanan yang mendukung dalam pembelajaran. Kemudian hasil pengambilan data melalui wawancara, menghasilkan mahasiswa yang mendapatkan dukungan dari teman sebayanya masih menunda nunda dalam mengerjakan tugasnya. Dengan demikian, peran teman sebaya bagi mahasiswa perantau Prodi Bimbingan Konseling tidak begitu berpengaruh. Hal ini dikarenakan motivasi belajar yang tumbuh dalam diri individu tidak hanya dipengaruhi faktor ekstrinsik saja, namun hal yang paling berpengaruh pada mahasiswa perantauan adalah motivasi intrinsik atau motivasi dalam diri individu tersebut. Keterbatasan penelitian ini terkait pada aspek data-data yang dijadikan sumber relatif kecil dan juga waktu penelitian yang relatif singkat sehingga masih memungkinkan dilakukan penelitian lanjutan. Mahasiswa diharapkan lebih mampu mengontrol keputusan kecil dalam kegiatan sehari hari misalnya tidak menunda-nunda dalam mengerjakan tugas agar pekerjaan tersebut tidak menumpuk. Sehingga diharapkan untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambah jumlah responden dalam penelitianya dan fokus penelitian tidak hanya pada faktor intrinsik saja. Dan diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk mengembangkan penelitian-penelitian terkait peran teman sebaya terhadap motivasi belajar mahasiswa perantau. Peer friendship relationships in overseas students have various roles, one of which is as a source of social support to foster learning motivation in these overseas students. The method in this study uses a qualitative descriptive method. Data collection techniques in this study used interviews, observations and documentation studies. Determination of the subject of this research using purposive sampling technique. The main data source is interviews with 5 students of Guidance and Counseling at Yogyakarta University of Technology. This research was conducted at Yogyakarta University of Technology. The results of this study indicate that peer friendship is not very influential on learning motivation in overseas students. This is indicated by preliminary data obtained from overseas students who have The results of this study indicate that peer friendship does not really affect learning motivation in overseas students. This is indicated by taking pre-research data which states that students of the Yogyakarta University of Technology Counseling Guidance Study Program have friendships that support learning. Then the results of data collection through interviews, resulting in students who get support from their peers still procrastinating in doing their assignments. Thus, the role of peers for overseas students of the Counseling Guidance Study Program is not so influential. This is because the motivation to learn that grows in individuals is not only influenced by extrinsic factors, but the most influential thing in overseas students is intrinsic motivation or motivation within the individual. The limitations of this study are related to the aspect of the data used as a relatively small source and also the relatively short research time so that further research is still possible. Students are expected to be better able to control small decisions in daily activities, for example not procrastinating in doing assignments so that the work does not accumulate. So it is hoped that future researchers are expected to increase the number of respondents in their research and focus on research not only on intrinsic factors. And it is hoped that the results of this study can be used as a reference to develop research related to the role of peers on the learning motivation of overseas students.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Teman Sebaya, Mahasiswa Perantau. Learning Motivation, Peers, student live overseas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Kaprodi S1 Bimbingan Konseling UTY
Date Deposited: 02 Aug 2023 08:05
Last Modified: 02 Aug 2023 08:05
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/13360

Actions (login required)

View Item View Item