ANALISIS EFEKTIVITAS WAKTU PENURUNAN PENUMPANG PESAWAT PADA AREA HALL KEDATANGAN BANDAR UDARA ADISUTJIPTO YOGYAKARTA

Fasada, Amoraon (2018) ANALISIS EFEKTIVITAS WAKTU PENURUNAN PENUMPANG PESAWAT PADA AREA HALL KEDATANGAN BANDAR UDARA ADISUTJIPTO YOGYAKARTA. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Amoraon Fasada.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Aktivitas Bandara Adisutjipto setiap tahunnya terus mengalami peningkatan, baik dari jumlah penumpang, maupun pesawat. Berdasarkan data total pergerakan lalu lintas angkatan udara dari PT Angkasa Pura I (Persero), pada tahun 2016 jumlah penumpang di bandar udara Adisutjipto mencapai 7.208.557 orang ditahun 2016 pencapaian ini meningkat sebesar kurang lebih 13% jika dibandingkan dengan jumlah penumpang pada tahun 2015 sebanyak 6.380.336 orang. Pada tahun 2017 jumlah penumpang sebanyak 7.817.731 Juta penumpang, sedangkan untuk jumlah pesawat pada tahun 2017 mencapai 64.955 pesawat sedangkan untuk kargo mencapai 15.575.066 kg (Sumber Angkasa Pura I). Dengan kapasitas bandara Adisutjipto mencapai 1,4 juta penumpang pertahunnya bisa ditarik kesimpulan bahwa bandara adisutjipto dikatakan over capacity Dengan jumlah penumpang mencapai lebih dari 5 juta penumpang pertahun, solusi dari over capacity adalah dengan meningkatkan kinerja pada area – area yang bersinggungan langsung dengan pengguna jasa bandara. Metode yang digunakan guna mengoptimalkan efektivitas waktu yang ada pada area hall kedatangan penumpang pesawat bandar udara Adisutjipto yogyakarta ini perlu kita lihat apakah mampu memenuhi kebutuhan. Cara yang digunakan adalah dengan melaksankan survai langsung dilapangan. Hasil survai dilapangan tadi kemudian dianalisis dengan menghitung durasi kendaraan rata–rata dan dengan keadaan Faktual di lapangan. Dari hasil analisis diperoleh durasi kendaraan rata–rata 3,65 menit : volume kendaraan terbanyak selama 7 hari penelitian dengan durasi penelitian 13.25 jam/hari adalah pada hari sabtu sebesar 910 kendaraan. Rata-rata lamanya kendaraan berhenti tertinggi terjadi pada hari Rabu selama 3,97 menit. Akumulasi tertinggi terjadi pada hari senin yakni sebesar 106 kendaraan/jam yang terjadi antara pukul 07.00–08.00. Jumlah petak pada area hall secara faktual adalah 15 kendaraan berdasakan hitungan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Evektifitas Waktu Penurunan Penumpang Pesawat Pada Area Hall Kedatangan Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY
Date Deposited: 20 Oct 2018 07:05
Last Modified: 20 Oct 2018 07:05
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/1350

Actions (login required)

View Item View Item