Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Kependudukan Berbasis Web (Studi Kasus: Kantor Kelurahan Krooy Kabupaten Kaimana)

Kambesu, Aristakus Adrian (2023) Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Kependudukan Berbasis Web (Studi Kasus: Kantor Kelurahan Krooy Kabupaten Kaimana). Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
5160311086_ARISTAKUS ADRIAN KAMBESU_ABSTRAK.pdf

Download (99kB)

Abstract

ABSTRAK Kelurahan krooy saat ini menggunakan sistem yang belum terkomputerisasi dan masih mengalami kesulitan dalam mengelola data penduduk, dimana semua proses pencatatan data baik itu data penduduk, data kelahiran, data perpindahan, data kedatangan, data kematian, dan laporan-laporan masih dalam bentuk berkas yang menyebabkan terjadinya penumpukan dokumen, sehingga lambat dalam pemenuhan informasi dan pelayanan terhadap penduduk. Masalah lain yang sering terjadi adalah masalah pencarian data, dimana ketika petugas kelurahan mencari data baik data penduduk, data kelahiran, data perpindahan, data kedatangan, data kematian, dan laporan-laporan petugas kelurahan harus membuka kcmbali berkas yang ada untuk menemukan data yang dicari sehingga menghabiskan banyak waktu dan tenaga hanya untuk mencari satu data. Solusi yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan sistem infromasi kelurahan berbasis web. Pengembangan sistem usulan dilakukan dengan dua tahapan yaitu, tahapan metodologi pengumpulan data yang terdiri interview, studi lapangan, dan tahapan yang akan dilakukan selanjutnya perancangan perangkat lunak dengan metode waterfall yang meliputi tahapan analisis, desain, implementasi, pengujian, dan aplikasinya dibangun dengan menggunakan program PHP, dan database menggunkan MySQL. Dengan adanya sistem ini, sistem dapat mempermudah proses penyelesaian pekerjaan bagian kelurahan, mengurangi terjadinya kesalahan dan mampu meningkatkan efektivitas dan membantu kinerja pegwai dalam pencatatan maupun pelaporan sehingga dapat menghemat waktu dan biaya serta meningkatkan mutu pelayanan yang lebih baik kepada penduduk di kelurahan Krooy. Kata Kunci: Sistem Informasi, Kelurahan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains Dan Teknologi > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Kaprodi S1 Sistem Informasi UTY
Date Deposited: 02 Sep 2023 02:22
Last Modified: 02 Sep 2023 02:22
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/13575

Actions (login required)

View Item View Item