ANALISIS BAHASA IKLAN DI LAMAN DAN APLIKASI TRAVELOKA

Tanriawan, Dicky Reza, Dr. Suhartini, S.S., M.A. (2023) ANALISIS BAHASA IKLAN DI LAMAN DAN APLIKASI TRAVELOKA. Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
3203311002_Dicky Reza TanriawanAbstrak_Periode4_2022_2023.pdf

Download (13kB)

Abstract

Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk menganalisis bahasa iklan Traveloka. Traveloka merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran tiket perjalanan yang berasal dari Indonesia. Traveloka dibentuk pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang. Berawal dari mesin pencari tiket pesawat, Traveloka telah berkembang sebagai platform penyedia tiket terbesar se-Asia Tenggara. Dari tiket pesawat, kamar hotel, penyewaan kendaraan, hingga tur perjalanan tersedia dalam Traveloka. Metode penelitian ini menggunakan metode Simak dan catat. Metode Simak dilakukan dengan cara menyimak iklan Traveloka yang ditemukan di laman internet. Iklan traveloka yang ditemukan itu kemudian disimpan dalam bentuk tangkapan layer (screenshot) dan dianalisi penggunaan bahasa iklan yang dipergunakan Traveloka. Berdasarkan hasil penelitian, Traveloka menggunakan gaya bahasa kekinian. Bahasa kekinian itu ditandai dengan penggunaan bahasa gaul, bahasa yang singkat, bahasa yang banyak menggunakan campuran bahasa asing dan bahasa daerah. Penggunaan bahasa kekinian itu dapat membangun kedekatan dengan pelanggan sehingga Traveloka merupakan salah satu laman yang semakin banyak penggunanya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: bahasa iklan, laman, Traveloka
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Humaniora > D3 Bahasa Jepang
Depositing User: Kaprodi D3 Bahasa Jepang UTY
Date Deposited: 07 Sep 2023 01:46
Last Modified: 07 Sep 2023 01:46
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/13602

Actions (login required)

View Item View Item