IMPLEMENTASI ARSITEKTUR MODEL VIEW CONTROLLER SISTEM INFORMASI DESA BERBASIS WEB DAN SMS GATEWAY PADA PEMERINTAHAN DESA SUKAJAYA KECAMATAN SERUYAN TENGAH KALIMANTAN TENGAH

YUSRIMAELANI, RENDRA (2021) IMPLEMENTASI ARSITEKTUR MODEL VIEW CONTROLLER SISTEM INFORMASI DESA BERBASIS WEB DAN SMS GATEWAY PADA PEMERINTAHAN DESA SUKAJAYA KECAMATAN SERUYAN TENGAH KALIMANTAN TENGAH. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
5170411021_RENDRA YUSRIMAELANI_ABSTRAK (1).pdf

Download (592kB)
Official URL: UTY

Abstract

ABSTRAK Pemerintahan Desa Sukajaya yang lokasi di Kecamatan Seruyan Tengah Kabupaten Seruyan Provinsi Kalimantan Tengah, saat ini pelayanan dan sarana informasi di Desa Sukajaya masih menerapkan sistem manual atau segala informasi dan pelayanan dilakukan di pusat pemerintahan desa dengan kondisi sistem yang kurang memadahi memungkinkan penyampaian informasi dan pelayanan yang kurang efisien menyebabkan masyarakat kurang berpartisipasi dan turut serta dalam memajukan desa. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian yang berjudul Implementasi Arsitektur Model View Controller Sistem Informasi Desa Berbais Web dan Sms Gateway adalah memudahkan masyarakat dan perangkat desa dalam memberi ataupun menerima pelayanan publik. Cara yang digunakan dalam menyelesaikan masalah informasi dan pelayanan desa adalah membangun sebuah sistem informasi desa berbasis web dan sms gateway dengan bahasa pemrograman PHP7, Java Script, MySQL, dan HTML5, dengan menerapkan arsitektur MVC (Model View Controller) diharapkan dalam implementasi MVC pada sistem informasi desa berbasis web pada pemerintah Desa di Kecamatan Seruyan Tengah dapat mempermudah pembuatan sistem dan memudahkan kegiatan di Desa Sukajaya. Dari kinerja sistem yang dihasilkan diperoleh hasil yang menyatakan bahwa kemudahan dalam penggunaan sistem dapat membantu aparatur desa dalam melakukan pelayanan desa secara maksimal. Kata Kunci : PHP7, Java Script, MySQL, HTML5, MVC.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains Dan Teknologi > S1 Informatika
Depositing User: Kaprodi S1 Informatika UTY
Date Deposited: 27 Sep 2023 02:34
Last Modified: 27 Sep 2023 02:34
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/13617

Actions (login required)

View Item View Item