“Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Konsentrasi Keahlian Kelas XI Desain Komunikasi Visual SMK Negeri 1 Jogonalan” "Development of Android-Based Interactive Learning Multimedia in Class XI Skills Concentration Subject Visual Communication Design at SMK Negeri 1 Jogonalan"

Marhbiyanta, Denta (2023) “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Konsentrasi Keahlian Kelas XI Desain Komunikasi Visual SMK Negeri 1 Jogonalan” "Development of Android-Based Interactive Learning Multimedia in Class XI Skills Concentration Subject Visual Communication Design at SMK Negeri 1 Jogonalan". Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img] Text
5171311007_DENTA MARCHBIYANTA_ABSTRAK_2.docx

Download (16kB)

Abstract

Multimedia pembelajaran merupakan alat bantu pengajaran yang memudahkan penyampaian materi pembelajaran, Pada mata pelajaran Konsentrasi Keahlian kelas XI Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK Negeri 1 Jogonalan siswa sulit memahami pelajaran dengan baik dikarenakan media pembelajaran yang kurang interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan, menguji kelayakan, dan efektivitas multimedia pembelajaran interaktif berbasis Android pada mata pelajaran Konsentrasi Keahlian. Media pembelajaran tersebut diharapkan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analisys, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Tahap pengembangan menggunakan beberapa tools yaitu Unity sebagai tools utama, kemudian tools pendukung lainnya seperti SDK Android, JDK, Corel Draw dan Figma. Hasil produk yang dibuat adalah aplikasi multimedia pembelajaran interaktif berbasis Android pada mata pelajaran Konsentrasi Keahlian kelas XI jurusan Desain Komunikasi Visual. Pengujian alpha testing dan beta testing yang telah dilakukan pada media pembelajaran interaktif ini memperoleh skor persentase dari ahli media 94,6% dengan kategori “Sangat Baik”, dari ahli materi 100% dengan kategori “Sangat Baik” dan dari pengguna 97,7% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan efektivitas memperoleh skor persentase 98,9% dengan memperoleh kategori “Efektif”. Uji pengujian yang dilakukan, media pembelajaran interaktif dikatakan layak dan efektif digunakan sebagai alat bantu pembelajaran guru di kelas guna meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran, Android, Desain Komunikasi Visual Learning multimedia is a teaching aid that makes it easier to deliver learning material. In the Skills Concentration subject for class XI Visual Communication Design (DKV) at SMK Negeri 1 Jogonalan, students find it difficult to understand the lesson well because the learning media is less interactive. The aim of this research is to develop, test the feasibility and effectiveness of Android-based interactive learning multimedia in Skills Concentration subjects. Learning media is expected to assist teachers in conveying material to students. The research method used is Research and Development (R&D) by adapting the ADDIE development model which consists of Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The development stage uses several tools where Unity is the main tool, then other supporting tools such as the Android SDK, JDK, Corel Draw and Figma. The resulting product is an Android-based interactive learning multimedia application for the Class XI Skills Concentration subject majoring in Visual Communication Design. The alpha testing and beta testing that was carried out on this interactive learning media obtained a percentage score from media experts of 94.6% in the "Very Good" category, from material experts 100% in the "Very Good" category and from users 97.7% with “Very Good” category. Based on the effectiveness of obtaining a percentage score of 98.9% by obtaining the "Effective" category. In the tests carried out, interactive learning media was said to be suitable and effective for use as a learning tool for teachers in the classroom to improve student learning outcomes. Keywords: Learning Multimedia, Android, Visual Communication Design.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran, Android, Desain Komunikasi Visual. Keywords: Learning Multimedia, Android, Visual Communication Design.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: sutarman .
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:18
Last Modified: 24 Nov 2023 01:18
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/14174

Actions (login required)

View Item View Item