Wibowo, Muhammad Yogi and Nugroho, Andung Jati (2023) ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PRODUK CATERING SUGIH MENGGUNAKAN METODE KANO Studi Kasus Pada UMKM Catring sugih. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.
Text
5180611168 Muhammad Yogi Wibowo-ABSTRAK.pdf Download (198kB) |
Abstract
ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PRODUK CATERING SUGIH MENGGUNAKAN METODE KANO Studi Kasus Pada UMKM Catring sugih Abstrak CV Sugih Rasa merupakan usaha yang bergerak di bidang kuliner yang berdiri sejak tahun 2010. Perusahaan ini telah menargetkan penjualan sebesar 10.000pcs/hari dengan total pendapatan sebesar Rp 2.000.000.000/bulan. Namun dilihat dari bulan Januari – Februari perusahaan ini mengalami penurunan pendapatan yang diakibatkan oleh beberapa faktor seperti masih terdapat keluhan dari berbagai pelanggan, Pada bulan Januari tahun 2023 perusahaan ini memperoleh total pendapatan sebesar Rp 1.850.000.000 sedangkan pada bulan Februari tahun 2023 sebesar Rp 1.525.000.000, dengan jumlah pemesanan rata-rata sebesar 6.000-7.500/hari sedangkan target pada setiap harinya sebesar 10.000pcs. Tujuan utama tidak lain agar konsumen merasa puas atau terpenuhi kebutuhannya dan perusahaan tetap mendapatkan untung walaupun telah melakukan perbaikan berkelanjutan, metode yang di gunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode kano model dengan melakukan penyebaran kuisoner maka dari hasil penggukuran kuisoner akan di olah dengan munggunakan metode kano. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, atribut yang menyebabkan penurunan kepuasan pelanggan pada cetering CV Sugih Rasa ini terdapat empat atribut yang mendapatkan greade M dimana apabila kinerja atribut ini rendah maka kepuasan pelanggan akan sangat menurun, dimana masih terdapat masalan pada atribut tersebut seperti kurangnya kebersihan lingkungan perusahaan, masih kurangnya varian menu yang ditawarkan, kesigapan terhadap konsumen yang akan memesan kemudian ketepatan pada saat pengiriman, Untuk mengatasi perbaikan maka dapat diusulkan menggunakan metode 5W+1H. Kata kunci : Kepuasan pelanggan, Kano model ANALYSIS OF CUSTOMER SATISFACTION WITH SUGIH CATERING PRODUCTS USING THE KANO METHOD Case Study on Catering Sugih MSME ABSTRACT CV Sugih Rasa is a culinary-related firm that was created in 2010. The company expects to sell 10,000 units per day and generate Rp 2,000,000,000 in revenue every month. However, it can be seen from January to February that this company's revenue has decreased due to several factors such as there are still complaints from various customers, in January 2023 this company obtained a total revenue of Rp 1,850,000,000 while in February 2023 it was Rp 1,525,000,000, with an average order quantity of 6,000-7,500 / day while the target for each day is 10,000pcs. The main goal is none other than for consumers to feel satisfied or have their needs met and the company continues to make a profit even though it has made continuous improvements, the method used in this study is to use the kano model method by distributing questionnaires. The kano method will next be used to process the results of the measuring questionnaires. According to the findings of this study, the attributes that cause a decrease in customer satisfaction at CV Sugih Rasa cetering are four that get greade M, where if the performance of these attributes is low, customer satisfaction will decrease greatly, where there are still problems at these attributes such as lack of cleanliness of the company environment, still lack of menu variants offered, alertness to consumers who will order, and accuracy at the time of ordering. To overcome the improvement, the 5W + 1H technique can be proposed. Keywords: Customer satisfaction, Kano model
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Industri |
Depositing User: | Kaprodi S1 Teknik Industri UTY |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 01:38 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 01:38 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/14205 |
Actions (login required)
View Item |