ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK SLICE WAXED DI PT HABE DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGI PLANING MATRIX (QSPM)

Mangamis, Masri and Nugroho, Andung Jati (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK SLICE WAXED DI PT HABE DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGI PLANING MATRIX (QSPM). Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
5190611079 Masri Mangamis-ABSTRAK.pdf

Download (103kB)

Abstract

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK SLICE WAXED DI PT HABE DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGI PLANING MATRIX (QSPM) ABSTRAK PT.HABE adalah perusahaan dagang dan eksportir produk-produk handycraft berkualitas serta bernilai seni, dengan material utama kayu jati. PT Habe harus mengenali kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam menghadapi persaingan, yang akan sangat membantu dalam mendefinisikan diri, serta memanfaatkan semua peluang. strategi pemasaran adalah upaya untuk menemukan pemasaran yang menguntungkan. posisi dalam sebuah perusahaan. Permasalahan yang didapat adalah data penjualan yang menurun dikarnakan kuranya inovasi desain atau ukiran produk sehingga membuat konsumen bosan dengan produk yang diproduksi. menetapkan strategi pemasaran yang sesuai atau strategi terbaik bagi PT Habe menggunakan pendekatan metode matriks SWOT dan matriks QSPM. Berdasarkan analisis matrix IFE diperoleh total skor yang dimiliki sebesar 3,43, sedangkan analisis matrix EFE sebesar 2,10. Hasil matrix IE berada pada sel IV yang disebut strategi tumbuh dan membangun, selain itu pada sel IV terdapat strategi integratif yaitu integrasi ke depan, integrasi ke belakang dan integrasi horizontal. Matrik SWOT menghasilkan 5 alternatif strategi yang dapat dipilih oleh PT Habe. Berdasarkan matriks QSPM alternatif strategi yang paling diusulkan dan diprioritaskan adalah menciptakan produk dengan bentuk dan ukiran yang baru dalam hal ini PT Habe menciptakan berbagai jenis ukiran pada produk-produknya seperti produk yang bermotif alam yang mengambarkan motif bunga-bunga,pohon,hewan dan lain sebagainya diperoleh nilai TAS sejumlah 7,18 Kata Kunci : Matrix IE, Matrix IFE EFE, Matrix QSPM, Matrix SWOT, Pemasaran   MARKETING STRATEGY ANALYSIS OF SLICE WAXED PRODUCTS AT PT HABE USING SWOT METHOD AND QUANTITATIVE STRATEGY PLANNING MATRIX (QSPM) ABSTRACT PT. HABE is a trading company and exporter of high-quality handcraft products with artistic value made primarily of teak wood. PT Habe must understand the company's strengths and limitations in the face of competition, which will be highly beneficial in defining itself and capitalizing on all prospects. A marketing strategy is an attempt to find a profitable marketing position in a business. The issue discovered is that sales data has fallen owing to a lack of design innovation or product carving, causing consumers to become dissatisfied with the products produced. Using the SWOT matrix method approach and the QSPM matrix, identify the optimum marketing strategy for PT Habe. Based on the IFE matrix analysis, the total score obtained is 3.43, while the EFE matrix analysis is 2.10. The outputs of the IE matrix are in cell IV, which is considered a growth and development strategy. There are also integrative strategies in cell IV, which are forward integration, backward integration, and horizontal integration. The SWOT matrix generates five different tactics for PT Habe to consider. According to the QSPM matrix, the most proposed and prioritized alternative strategy is to create products with new shapes and carvings; in this case, PT Habe creates various types of carvings on its products, such as natural patterned products that depict motifs of flowers, trees, animals, and so on, and received a TAS value of 7.18. Keywords: IE Matrix, IFE EFE Matrix, QSPM Matrix, SWOT Matrix, Marketing

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Industri
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Industri UTY
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:09
Last Modified: 30 Nov 2023 03:09
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/14271

Actions (login required)

View Item View Item