STRATEGI DESAIN RESORT DI KAWASAN PUNCAK BIBIS BANTUL Dengan Pendekatan Green Architecture

Syaifudin, Ilham Muhammad and Suparno, Suparno (2023) STRATEGI DESAIN RESORT DI KAWASAN PUNCAK BIBIS BANTUL Dengan Pendekatan Green Architecture. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK-5180911088-ILHAM MUHAMMAD SYAIFUDIN.pdf

Download (29kB)

Abstract

Resort merupakan sebuah tempat untuk mengakomodasi wisatawan yang datang dari luar daerah dengan tujuan untuk mendapatkan suasana baru di dalam kawasan resort tersebut. Resort ini juga bertujuan untuk memberikan tempat rekreasi keluarga yang menginginkan waktu liburan bersama dan menginginkan perubahan aktivitas sehari-hari selama di kota. Berdasarkan letak resort berada di kawasan wisata dapat di pegunungan, tepi pantai, dan tepi danau. Kabupaten Bantul memiliki cukup banyak potensi pariwisata, mulai dari tempat wisata pegunungan, wisata pantai, wisata sejarah, dan desa wisata dapat dijumpai. Selain itu juga data jumlah wisatawan yang datang ke Kabupaten Bantul mengalami kenaikan setiap tahunnya. Akan tetapi untuk tempat akomodasi para wisatawaan yang datang masih belum mencukupi. Resort ini menggunakan pendekatan Green Architecture, untuk merespon kondisi alam di sekitar lokasi dan tidak merusak lingkungan. Prinsip Green Architecture meliputi Hemat Energi, Memanfaatkan kondisi dan sumber daya alam, Menaggapi tapak pada bangunan, Memperhatikan penguna bangunan, Meminimalkan sumber daya baru, Holistic. Untuk itu dengan adanya perencanaan pembagunan resort di Kawasan Puncak Bibis merupakan salah satu tempat yang strataegis yaitu di tempat wisata pegunungan dan di sekitarnya terdapat berbagai objek wisata untuk berekreasi sambil menikmati pemandangan yang ada dari kawasan resort tersebut. A resort is a place to accommodate tourists, aiming to get a new atmosphere in the resort area. A resort also aims to provide a recreation area for families who want vacation time together and want a change in their daily activities while in the city. Resorts are located in tourist areas such as the mountains, the beach, and the lake. Bantul Regency has quite a lot of tourism potential, ranging from mountainous tourist attractions, beach tourism, historical tours, and tourist villages. In addition, data on the number of tourists who come to the Bantul Regency has increased yearly. Still, the accommodation is insufficient. This resort uses a green architectural approach, to respond to natural conditions around the location and not damage the environment. Green Architecture principles include Conserving Energy, Working with climate, Respect for Site, Respect fot user, Limiting new resources, Holistic .Therefore, it is an excellent plan to develop a resort in a strategic area such as Puncak Bibis, a mountainous tourist attraction with many attractions for recreation while enjoying the scenery.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Bibis, Kabupaten Bantul, Pegunungan, Pemandangan, Rekreasi, Resort Bibis, Bantul Regency, Mountain, Scenery, Recreation, Resort
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur
Depositing User: Kaprodi S1 Arsitektur UTY
Date Deposited: 07 Dec 2023 03:01
Last Modified: 07 Dec 2023 03:01
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/14387

Actions (login required)

View Item View Item